Kabid Kebudayaan, Ratna Menargetkan Akhir Tahun LAM Sudah Terbentuk di Seluruh Kecamatan

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Langkah cepat di ambil kabid kebudayaan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Pangkalpinang. setelah diawal tahun 2021 membentuk Lembaga Adat Melayu ( LAM ) Kota Pangkalpinang, dilanjutkan dengan pengukuhan, rembug adat yang menghasilkan 12 rekomendasi Adat untuk pemerintah kota Pangkalpinang.

bahkan baru-baru ini melaksakan Peresmian sekretariat LAM di kawasan pusaka budaya melayu, masjid kayu tua tunu indah,tidak cukup batas itu saja.

Hari ini bertempat di Ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kota pangkalpinang, Ratna purnama sari atau yang populer dengan sebutan Bunda Tudung saji ( BTS ), memimpin acara Rembug Adat ke dua bersama ketua LAM kota Pangkalpinang, H.Hermawan abdul Muthalib.

Dalam kegiatan Rembug adat, dihadiri oleh Kabid kebudayaan Dinas Pariwisata pemuda Olahraga dan kebudayaan Provinsi bangka belitung, pemerintah kecamatan sekota pangkalpinang dan pengurus LAM kota Pangkalpinang, Rabu (4/8/2021).

Baca Lainnya  Audiensi KBO Babel Ke Kejati Babel, Ini Pesan Daru Tri Sadono Kajati Babel

pada agenda acara tersebut fokus Rembug Adat mengerucut pada rencana Pembentukan LAM tingkat kecamatan.

Kabid kebudayaan, Ratna menyampaikan, “pembentukan LAM kecamatan sangat penting dalam rangka inventarisir Tokoh-tokoh Adat & budaya yang berada di kelurahan sekota pangkalpinang, agar pemerintah tidak kesulitan dalam membuat program adat dan kebudayaan tingkat kecamatan-kelurahan.

selain itu sudah janji kami ke walikota pangklpinang, pembentukan LAM tingkat kecamatan sangat penting bagi bidang kebudayaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan, dalam rangka melaksanakan program kami hingga ke tingkat kecamatan-kelurahan, yang selama ini mengalami kesulitan komunikasi kebawah,” ungkapny.

Ratna menambahkan, bersama LAM Kota Pangkalpinang dirinya Optimis mampu mengerjakan tugas besar ini, dirinya berharap akhir tahun 2021 LAM sudah terbentuk di tujuh kecamatan, InsyaAllah dilanjutkan pembentukan tingkat kelurahan di tahun yang akan datang.

Baca Lainnya  Danrem 045/Gaya Mengikuti Rakor Pembentukan Komponen Cadangan tahun 2022

“saya sangat optimis bersama para Dato,tuan, puan, pengurus LAM kota pangkalpinang, bisa menyelesaikan tugas besar ini, yakin akhir tahun ini LAM sudah terbentuk di tujuh kecamatan, insyaAllah dan mohon Doa nya, pada tahun yang akan datang kita lanjutkan ke pembentukan tingkat kelurahan,” imbuhnya.

Poto : Rembug Adat LAM Kota Pangkalpinang

Ketua LAM kota Pangkalpinang, H.Hermawan abdul Muthalib pada kesempatan menyampaikan permohonan kepada pihak kecamatan untuk kerjasama, membantu komunikasi dan informasi dalam rangka inventarisir Tokoh-tokoh Adat yang ada dikecamatan-kelurahan.

LAM kota pangkalpinang tidak akan mampu bekerja sendirian, tanpa bantuan pihak terkait lainnya.

“kami dari LAM kota pangkalpinang berharap dan mohon kesediannya, kepada pihak kecamatan dapat membantu terkait komunikasi dan informasi dalam rangka Inventarisir tokoh-tokoh adat yang ada di kecamatan.

Baca Lainnya  Dituding Intimidasi Wartawan, Kasi Intelijen Waher : Itu Klaim Sepihak

terus terang kami tidak bisa bekerja sendirian, tanpa kerjasama semua pihak terkait,” tutur H. Hermawan

Dikesempatan yang sama, Kabid Kebudayaan Provinsi Babel, Engkus Kuswenda menyampaikan, dengan melihat langkah-langkah yang telah ditempuh, Engkus yakin bahwa LAM Kota Pangkalpinang akan menjadi vionir, dalam pelestarian Adat Tradisi.

“Terus percepatan pembentukan LAM tingkat Kecamatan juga akan berpengaruh pada pengambilan keputusan dalam menentukan dukungan,” tutupnya. (Mr.FR)

Leave a Reply

Your email address will not be published.