Bekerjasama Dengan Dinkes Belitung,Serbuan Vaksin Sasar Lapas Kelas IIB Tanjung Pandan

Belitung, Narasibabel.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpan dan Kanwil Kemenkumham Babel Menerima “Serbuan Vaksinasi COVID-19” dosis ke – 1 bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung melalui UPT Puskesmas Badau Rabu (8/9/2021).

Kegiatan dilaksanakan di Aula Atas Lapas Pukul 13.00 WIB. Kegiatan Serbuan Vaksinasi tersebut sebelumnya dilaksanakan di Kantor Desa Cerucuk, Tim Vaksinator yang dipimpin langsung Kepala UPT Puskesmas Badau dr. Jubel TH Gultom bersama Bhabinkamtibmas Polsek Badau Brigadir Afriadi selanjutnya melakukan serbuan vaksin bagi WBP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Kalapas mengkoordinir langsung kegiatan Vaksin untuk memastikan kegiatan terlaksana dengan baik dan tertib

Kepada Media Kepala UPT Puskesmas Badau dr. Jubel TH Gultom menjelaskan Target Pelaksanaan Vaksinasi Tahap I Bagi WBP ini sebanyak 71 WBP. Namun sebelum dilakukan penyuntikan, WBP dilakukan Screening untuk mengecek riwayat penyakit dan kesiapan kondisi kesehatan mereka.

Baca Lainnya  KH. Drs. Kamaruddin AK, M.H Terlahir Sebagai Kader Pencerah, Berpulang Sebagai Kader Kemerdekaan

Sehingga dari 71 orang tersebut 2 orang dalam kondisi sakit dan 4 orang sedang menjalani persidangan di PN Tanjungpandan, sehingga ada 65 orang dinyatakan sehat dan bisa diberikan Vaksin Covid – 19. Adapun Vaksin yang diberikan adalah Vaksin Sinovac dengan dosis 0,5ml / dosis.

“Puji Tuhan, setelah kita lakukan observasi selama 30 Menit setelah penyuntikan seluruhnya dalam kondisi baik. Untuk selanjutnya akan dilakukan pemantauan secara rutin oleh Tim Medis Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, “ujarnya

Sementara itu Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH menyampaikan pelaksanaan Vaksinasi ini merupakan bentuk sinergitas yang baik bersama Pemkab Belitung.

Kendala yang dihadapi Lapas sebelumnya adalah banyak WBP yang tidak memiliki Data NIK, sehingga pihaknya langsung berkoordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Belitung agar WBP bisa segera menerima vaksin untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid – 19 di Lapas.

Baca Lainnya  Pemerintah Upayakan Peningkatan Literasi Masyarakat

Puji Tuhan, Pemkab Belitung merespon dengan sangat cepat, sehingga hari ini bisa terlaksana, “ungkap Romiwin.

Seraya menambahkan berbagai upaya terus dilakukan jajarannya dalam memberikan rasa aman bagi WBP terhadap penyebaran Covid -19. Kita terus melakukan koordinasi baik kepada Pimpinan di Kanwil Kemenkumham Babel, serta Forkopinda Kabupaten Belitung dalam upaya penanganan dan juga percepatan vaksin Covid – 19 bagi WBP di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Hingga saat ini, Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dalam keadaan kondusif,”tutupnya (Wahyu)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *