Komunitas Peduli Sungai Resmi Dikukuhkan Kepala BWS Babel, Bertepatan Peringatan Puncak “Hari Air Dunia” Ke-30

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Komunitas Peduli Sungai (KOPS) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resmi di kukuhkan oleh Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Bangka Belitung.

Pengukuhan KOPS di laksanakan bertepatan dengan Aksi Daerah dan Peringatan Puncak Hari Air Dunia (HAD) ke-30 tahun, Rabu (30/3/2022) di Embung Kolong Kacang Pedang (Hilir) Kota Pangkalpinang.

Kepala BWS Bangka Belitung, Ir. Panca Hermawan. SP-1 mengucapkan selamat kepada pengurus Komunitas Peduli Sungai yang baru di Kukuhkan.

“Selamat kepada para Pengurus Komunitas Peduli Sungai, semoga apa yang Menjadi Visi Misi Komunitas Peduli Sungai akan segera terealisasi, terutama dalam mendorong kepedulian masyarakat untuk memelihara sungai.

dengan lahirnya komunitas peduli sungai kota pangkalpinang pada hari ini dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitarnya,” ucap Kepala BWS Babel dalam kata sambutannya.

Ditempat yang sama, Mewakili Walikota Pangkalpinang, Asisten II Perekonomian dan pembangunan kota Pangkalpinang, Suryo Gusbandoro paska baru dilantiknya Komunitas Peduli Sungai berharap bisa bersinergi bersama dengan pemerintah kota Pangkalpinang dalam rangka memelihara sungai.

Baca Lainnya  Pertandingan Gaple, PT Timah VS Pemkot Pangkalpinang

“Harapan pemerintah kota Pangkalpinang untuk Komunitas Peduli Sungai yang baru di lantik, semoga kita bisa bersinergi dalam rangka untuk membersihkan sungai, menjaga sungai merawat sungai dan semoga bisa bersinabungan atau  berkelanjutan kepada Komunitas Peduli Sungai sehingga sungai jangan di jadikan tempat pembuangan sampah ataupun sebagai tempat pembuangan limbah industri. Kira kira itu harapan kita kedepannya agar kita bisa bersinergi,” ungkap Suryo saat di Wawancara awak media di lokasi acara.

Ketua Umum Komunitas Peduli Sungai, Bung Fajri mengucapkan terimakasih kepada para stakeholder terkait, terutama kepada Balai Wilayah Sungai Babel, Pemerintah Kota Pangkalpinang dan seluruh lapisan masyarakat yang sudah mendukung hingga terbentuknya Komunitas Peduli Sungai.

“Alhamdulillah bertepatan puncak peringatan Hari Air Dunia ke-30 tahun hari ini, kami sebagai pengurus KOPS telah resmi di kukuhkan, terimakasih atas dukungan semua, terutama kepada Bapak Ir. Panca dan Bapak Walikota Pangkalpinang yang berhalangan hadir pada kesempatan hari ini, yang sudah bersedia Mensupport mendukung hingga terbentuknya Komunitas Peduli Sungai kota Pangkalpinang, pada hari ini,” ucapnya

Baca Lainnya  Sebanyak 1048 Orang di Vaksin, TNI AL Lanal Babel Lakukan Vaksinasi Tahap ke 2 di 4 Tempat Berbeda

Lanjutnya,” Komunitas Peduli Sungai Atau yang kita singkat “KOPS” adalah salah satu bentuk partisipasi masyarakat, dalam mendorong kepedulian masyarakat untuk memelihara sungai serta menjaga kelestarian sungai yang ada di Kepulauan Bangka khususnya.

sesuai dengan Visi kita ya itu, menjadikan KOPS sebagai wadah masyarakat yang peduli terhadap sungai untuk menjaga, merawat dan melestarikannya, memberikan edukasi serta pembinaan tentang pentingnya menjaga, merawat dan melestarikan sungai, serta mengorganisir kegiatan kegiatan positif dalam rangka memperdulikan sungai,” ucapnya

Untuk ruang lingkup kerja KOPS sendiri, Bung Fajri mengatakan sesuai dengan ruang lingkup kerja Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung, KOPS siap menjaga sungai yang ada di Kepulauan Bangka.

“KOPS yang di bentuk di kota Pangkalpinang, mengikuti zona kerja BWS Bangka Belitung, ya itu di ruang lingkup kerja di Kepulauan Bangka, ya kita tidak hanya menjaga sungai sungai yang ada di Pangkalpinang saja, semua sungai yang ada di kepulauan Bangka akan kita jaga kelestarian nya, emang untuk awal ini kita coba fokus melestarikan sungai yang ada di kota Pangkalpinang, Bertahap kita akan mengajak, serta mengedukasi masyarakat untuk menjadi relawan bersama sama menjaga sungai yang ada di sekitaran masyarakat itu sendiri,” jelasnya

Baca Lainnya  Wakil Walikota dan Forkopimda Pangkalpinang menghadiri Rapat Paripurna, dengan Agenda Mendengarkan Pidato Presiden RI

Kegiatan acara di awali dengan gotong royong bersih bersih sungai sekitaran sungai rangkui, yang di laksanakan oleh KOPS bersama BWS Babel dan di lanjutkan Zoom Meeting dengan Menteri PUPR di Bendungan Randugunting, selanjutnya di laksanakan nya kegiatan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai oleh Kepala BWS Bangka Belitung, acara di tutup dengan Penanaman Bibit Pohon dan penebaran benih ikan di Embung Kolong Kacang Pedang. (Ari)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Mengusung Tema "MANTAB" BWS Babel Gelar Acara Peringatan Puncak Hari Air Dunia Ke-30

Wed Mar 30 , 2022
Pangkalpinang, Narasibabel.id — Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Kepulauan Bangka […]