Pansus 9 DPRD Pangkalpinang, Membahas Raperda Inisiatif DPRD

PANGKALPINANG, Narasibabel.id — Pansus 9 DPRD Kota Pangkalpinang, mengundang organisasi perangkat daerah serta Camat untuk membahas Raperda Inisiatif DPRD, yang berjudul partisipasi masyarakat guna meningkatkan partisipasi publik.

“Perda ini akan menjadi payung hukum terhadap partisipasi masyarakat dalam merencanakan dan mengawasi pembangunan di Kota Pangkalpinang,” kata Ketua Pansus 9 DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady, Senin. (7/3/2022).

Read More

Ia mengatakan, DPRD bukan sekedar mengikuti Musrenbang atau reses di tingkat kecamatan, tetapi juga melibatkan masyarakat di dalam menyusun Perda dan pelaksanaan pembangunan.

Baca Lainnya  Dijanjikan Pekerjaan Honorer, MD Merasa Ditipu Oleh YK Oknum Sopir Ketua DPRD Kota Pangkalpinang

“Dengan adanya Perda ini kami berharap peran serta masyarakat menjadi semakin besar dalam pembangunan di daerah, sehingga jalannya pembangunan tidak hanya ditentukan oleh penyelenggara pemerintah daerah tetapi juga ada partisipasi dari masyarakat yang dipayungi oleh Perda ini,” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan melibatkan beberapa instansi vertikal seperti Ombudsman, komisi informasi daerah dan lembaga lainnya yang diharapkan benar-benar menjadi sebuah payung yang dapat membuka ruang bagi masyarakat untuk berpartisipasi.

“Tentu pembangunan di Kota Pangkalpinang akan semakin aspiratif jika keterlibatan masyarakat dapat difasilitasi oleh pemerintah daerah, sehingga masyarakat bisa mengakses informasi apapun yang memang layak untuk dikonsumsi oleh publik secara luas dan ini tentu baik bagi transparansi pemerintah daerah,” katanya. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *