Menuju 10th WORLD WATER FORUM, BWS Babel Gelar Kegiatan Susur dan Bersih-Bersih Sungai Di PPN Sungai Liat

Bangka, Narasibabel.id — Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Dirjen Sumber Daya Air (SDA) menggelar kegiatan Susur dan Bersih-Bersih Sungai dalam rangka Menuju 10th WORLD WATER FORUM, kamis (27/7/2023) di Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Kegiatan Nasional yang di gelar secara serentak se Indonesia melalui Zoom meeting ini di hadiri oleh Bupati Kab. Bangka (diwakili) Forkopimda Kab. Bangka, Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat, dan turut hadir Komunitas MPSK Cerudik Lestari, Komunitas Becak Babel, Komunitas Kompas Babel UBB, Ketua BEM Stisipol Pahlawan 12, Ketua Pramuka Saka Kalpataru Bangka, Ketua Pramuka Sako Ma’arif NU, dan Kepala SMK, SMA se Kab.Bangka.

Read More

Kepala BWS Babel, Ir. Panca Hermawan, Sp.1 dalam kata sambutannya menyampaikan, Alhamdulillah pada hari ini kita bisa berkumpul dalam acara  Road To Event World Water Forum (WWF) dalam rangka bersih – bersih sungai Tahun 2023.

Pada kesempatan ini kita semua berkumpul di Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara, untuk mengikuti kegiatan bersih-bersih sungai yang memberikan kita banyak manfaat yang salah satunya selain sebagai pengendali banjir, sebagai kebersihan lingkungan, dan kenyamanan lingkungan bagi masyarakat disekitar Kabupaten Bangka terutama daerah Pelabuhan Sungailiat, “tuturnya.

Baca Lainnya  Walikota Molen Dukung Pembangunan Kolam Retensi Pedindang, Oleh BWS Babel

Lanjutnya, “Dengan pentingnya lingkungan yang bersih pada saat ini tentunya kita sebagai insan PUPR diharapkan untuk peka dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama didaerah sungai. Sebagai salah satu contohnya adalah dengan kegiatan bersih-bersih sungai dengan melakukan susur sungai yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya, “sambungnya.

Selain itu, Panca menjelaskan kegiatan hari di laksanakan dalam rangka kegiatan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air, yang di lakukan oleh  Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung bekerjasama dengan Komunitas Peduli Sungai Kabupaten Bangka dan Instansi pemerintah setempat.

” Hari ini kami dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dirjen Sumber Daya Air mengerakan aksi bersih-bersih sungai dalam rangka kegiatan GNKPA (Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air) untuk mengurangi sampah yang ada di Kawasan sekitar sungai. Dalam hal itu kami Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung dibantu dengan MPSK Komunitas Peduli Sungai Cerudik Lestari serta berbagai Instansi Pemerintah, Mahasiswa dan juga SMA dan SMK yang ada di kabupaten bangka dan sekitar nya untuk melakukan kegiatan bersih-bersih sungai Pelabuhan kurang lebih sepanjang 1 km.

Baca Lainnya  Bahas Perencanaan Pembangunan Embung dan Jaringan Pipa Transmisi Spam Perkotaan, BWS Babel Audiensi dengan Walikota

Selain kegiatan bersih-bersih sungai, kita akan mengadakan kegiatan pemasangan biopori dan penanaman pohon serta lomba mewarnai tingkat TK. Adapun pemasangan biopori akan dilakukan sebanyak kurang lebih 50 unit lubang resapan biopori , sedangkan untuk penanaman pohon akan dilakukan gerakan penanaman 100 bibit pohon di sekitar Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara.

Kegiatan pemasangan biopori dan penanaman pohon ini dapat kita jadikan sebagai momentum strategis dalam mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi, serta berbagai upaya konservasi sumber daya air termasuk menurunkan angka erosi lahan.

Dalam kegiatan ini kami juga mengundang sekitar 5 – 6 pihak UMKM sebagai upaya dalam mendorong dan membantu perekonomian masyarakat sekitar,” jelasnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Panca berharap dapat membantu memulihkan ekosistem di pulau Bangka dan selain itu panca mengapresiasi atas pengukuhan Komunitas Peduli Sungai Kabupaten Bangka, yang di lakukan secara serentak pada kegiatan hari ini.

” Harapan kami dengan serempaknya aksi kita pada hari ini dapat membantu memulihkan ekosistem pada pulau Bangka ini. Dan juga saya mengapresiasikan dengan adanya pengukuhan MPSK Komunitas peduli sungai Cerudik Lestari ini agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat,” tutupnya.

Dalam rangkaian kegiatan, terlihat ratusan peserta yang merupakan gabungan dari staf kantor BWS Babel, Instansi setempat dan Komunitas Peduli Sungai sedang membersihkan sungai di sekitaran pelabuhan perikanan Nusantara Sungailiat sejauh 1,1 Km, selain itu kegiatan di lanjutkan dengan aksi penanaman pohon sebanyak 60 pohon dan aksi biopori sebanyak 60 biopori.

Baca Lainnya  Menyambut Hari Bakti PUPR ke-76, BWS Babel Tanam 5000 Bibit Pohon

Selain itu, dalam rangka memberdayakan UMKM, Tampak juga terlihat beberapa Stand UMKM gratis yang bekerjasama dengan BWS Babel, serta lomba mewarnai tingkat TK yang akan diikuti oleh 3 perwakilan TK dengan masing-masing TK mengirimkan 7 peserta. Sehingga total peserta sebanyak 25 orang yang kemudian pada tahap akhir akan dilakukan penilaian untuk menempati posisi juara 1, juara 2, juara 3, serta harapan 1 dan harapan 2.

Kegiatan acara di tutup dengan kegiatan Pengukuhan Masyarakat peduli sungai dan kulong. (Cerudik Lestari) kab Bangka, oleh Pemerintah Kabupaten Bangka dan Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung.

Informasi tambahan, di Kutip dari laman resmi pu.go.id Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Wakil Ketua Komite Nasional Penyelenggaraan World Water Forum Ke-10 mengatakan World Water Forum merupakan platform sumber daya air terbesar yang diikuti oleh seluruh lapisan pemangku kepentingan bidang air untuk saling berbagi pengalaman dan inovasi untuk menjawab berbagai tantangan pengelolaan air global. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *