Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang Hadiri Peluncuran Paguyuban Kain Cual

PANGKALPINANG -Penjabat Wali Kota Pangkalpinang melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang hadiri peluncuran Paguyuban Kain Cual oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V di Titik Nol Kilometer Kota Pangkalpinang, Sabtu (29/06/2024).

Kepala Dinas Pariwisata Budaya Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Widya Kemala Sari menyebut kain cual dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat dan produksi kain cual tersebar di seluruh Bangka Belitung.

Read More

“Hari ini akan di luncurkan paguyuban, upaya agar cual tetap di cintai masyarakat, cual tetap produktif di antara gempuran budaya luar. Keterbatasan galeri dan penjual cual lebih banyak dari luar Bangka, permasalahan ini menyebabkan harga cual menjadi mahal,” ujar Widya.

Baca Lainnya  Pemerintah Kota Pangkalpinang Berikan Dana DID Kepada Keluarga Beresiko Stunting

Widya meneruskan, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V kian menggalakkan program dukungan pelestarian kain cual. Paguyuban kain cual bukan hanya melahirkan penenun profesional tetapi juga menjadikan cual tetap erat kaitannya dengan budaya masyarakat.

“Mari kita melestarikan kain cual secara fisik, Bangka diharapkan menjadi pusat konservasi Cual,” harapnya. (rel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *