Monday, July 4, 2022
HomeNasionalMomentum Hari Pers Nasional, Sekjen DPP PWRI ajak insan pers perbaiki kualitas...

Momentum Hari Pers Nasional, Sekjen DPP PWRI ajak insan pers perbaiki kualitas jurnalisme

Jakarta, Narasibabel.id – Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Wartawan Republik Indonesia (DPP PWRI) D. Supriyanto JN berharap, peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022, menjadi momentum bagi industry pers nasional dalam menghasilkan dan meningkatkan kualitas insan pers, serta memperbaiki kualitas jurnalisme.

Menurut Jagad, demikian karib disapa, industry pers nasional memiliki tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, melalui karya jurnalistik yang baik.
Selain itu, sebut Jagad, insan pers juga dituntut untuk memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme.

“ Mari kita jadikan momentum Hari Pers Nasional 2022 ini untuk berbenah diri. SDM pers harus lebih ditingkatkan lagi, karena pers senantiasa mengalami tantangan dari waktu yang besar, dengan disrupsi dan kemajuan teknologi. Insan pers harus membekali diri dengan pengetahuan yang cukup agar mampu menganalisa setiap persoalan secara jernih,” kata Jagad kepada awak media di Jakarta, Selasa (8/2/2022).

Baca Lainnya  Danrem 045/Gaya Mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak tahun 2022 Bagi Umat Buddha
Baca Lainnya  PWRI dan Sejumlah Organisasi PERS Kutuk Keras Pelaku Kekerasan Insan Pers Di Dumai

Sebagai bagian dari suatu bangsa yang besar, Jagad berharap, insan pers harus memiliki jiwa nasionalisme dan idealisme, mengingat media adalah ekselerator perubahan dan juga pilar demokrasi.
Peringatan Hari Pers Nasional tahun 2022 ini, kata dia, harus menjadi momentum untuk memperbaiki kualitas jurnalisme di tanah air, di tengah persaingan ketat membanjirnya perusahaan media online.

“ Ini menjadi tantangan bagi kita semua. Di tengah membanjirnya perusahaan media online di Indonesia. Jangan terjebak pada jurnalisme yang lepas kontrol, yang hanya mengejar viewer dengan mengabaikan kualitas informasi yang disajikan. Hindari membuat judul yang sensasional tanpa cover both side, sehingga bisa menyesatkan publik,” terangnya.

Dalam arena persaingan industry media, Jagad mengatakan wajar, jika perusahaan media berlomba-lomba mendapatkan viewer terbanyak. Namun, kata dia, hendaknya persaingan itu harus diimbangi dengan penyajian informasi yang valid, aktual dan berimbang.

Baca Lainnya  DPP Corruption Investigastion Commiittee Dukung Polri Berantas Korupsi
Baca Lainnya  Ikuti Video Conference Vaksinasi Lanjutan, Molen : Kita Kejar Target Sebelum Ramadhan

“ Pers ini memiliki peran strategis untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Peran pers yang strategis ini harus kita jaga bersama. Pers Indonesia harus menjadi garda terdepan untuk menyuarakan pesan-pesan pembangunan. Pers harus selalu menyampaikan informasi yang obyektif dan membangun serta mengedukasi masyarakat,” kata pendiri kantor berita strateginetwork ini.

D. Supriyanto mengatakan, pers harus menunjukkan perannya dalam membantu program pemerintah, dan berada di garda terdepan dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 melalui pemberitaan yang mengedukasi masyarakat, sehingga akan terwujud Indonesia yang sehat, sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional.
( nug/red )

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Lainnya  HPN 2022, Pokja Wartawan Pgk Gelar Fogging dan Baksos

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments