Audiensi KI Babel, Pj Gubernur Dukung Program Monev

PANGKALPINANG, Narasibabel.id – Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sampaikan Laporan Tahunan Komisi Informasi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung TA 2022 sekaligus Usulan Anggaran KI Babel untuk Tahun 2024 kepada Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu, di Ruang Kerja Pj Gubernur, Selasa (16/05/2023).

Read More

“Saya sangat terbuka, jika bapak ibu komisioner di KI Babel mau masuk ke OPD-OPD, jadi silahkan lihatlah seperti apa tata cara, tata kelola, akuntable dan sebagainya untuk dilakukan monevnya,” ungkap Pj Gubernur Suganda menanggapi laporan umum kinerja KI Babel dalam Audiensinya.

Ketua KI Babel Rosita besama Komisoner KI Martono dalam audiensi selain menyampaikan bentuk laporan tahunan, juga menyampaikan secara lisan tujuannya audiensi tentang progres dan sharing rencana anggaran 2024.

Baca Lainnya  Pemprov Kep. Babel Gelar Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

Untuk pelaksanaan progres keterbukaan informasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah dimulai sejak tahun 2013. Monitoring dan evaluasi ( monev ) telah dilaksanakan sejak tahun 2019 dan tahun 2022 Babel menduduki diperingkat ke Empat seluruh Indonesia.
“Semakin kesini, sudah menunjukkan kualitas yang semakin baik,” lapornya.

Artinya, lanjut Rosita, gambaran progres pelaksanaan ditingkat pemda menunjukkan kualifikasi membaik dan masuk dalam kategori informatif.

Untuk progres tingkat kabupaten, dijelaskannya juga meningkat. Pada tahun 2019, nilai kategori hanya sampai pada batas cukup, terus meningkat hingga tahun 2022. “Diluar prediksi terkategori informatif. Hanya masih sedikit tertinggal dua kabupaten yang baru menuju informatif yaitu Bangka Selatan dan Bangka Tengah,” jelasnya,

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam penilaiannya, selain pemeriksaan langsung ke lapangan, ada 85 soal kuisioner yang harus diisi dan beberapa kategori terdapat penilaian real secara detail di lapangan,

Baca Lainnya  DPD PJS Babel Periode 2022-2027 Resmi Dikukuhkan Oleh Ketua Umum PJS Mahmud Marhaba

“Semakin kesini, apresiasi semakin meningkat. Untuk tingkat nasional, tahun 2023 ini KI memberikan rekomendasi untuk KPU, 3 SKPD serta pemkab dan Pemkot, yang saat ini masuk dalam 3 besar,” ungkapnya menyampaikan bentuk antusiasme pemerintah kabupaten/kota dalam mencapai keterbukaan informasi.

Sementara Martono pada kesempatan ini, menyampaikan terkait anggaran yang sejak lama hanya mampu mengakomodir honorarium dan belanja rutin saja tanpa bisa melaksanakan kegiatan lain sebagai tupoksi KI karena tidak ada dukungan anggaran.

“Bisa dimaklumi, refocusing waktu covid-19 membuat tidak bisa dianggarkan untuk mendukung beban kerja monitoring dan evaluasi ini,” jelasnya terkait rencana tahun ini akan lebih banyak lagi yang bisa dilaksanakan monev selain PPID utama kab/kota, juga akan dilaksanakan untuk OPD.

Selain itu, lanjutnya, hingga ke tingkat Pemdes juga akan dilakukan monev, selain juga KI Babel mendapat masukan dari Ketua Komisi 1 DPRD Babel Nico Plamonia karena di pemdes juga mengelola anggaran yang cukup besar, maka perlu dipacu keterbukaan informasinya.

Baca Lainnya  Mengatasi 170 Ton Per hari Sampah Masuk Ke TPA Parit Enam, Pj Gubernur Suganda akan Siapkan Alat Pembakar Sampah

“Terus terang saja kami tidak memiliki kendaraan operesional, dalam audiensi ini salah satunya kami meminta dukungan ini kepada bapak,” lanjutnya menjelaskan rencana anggaran KI Babel tahun 2024.

Pj Suganda Suganda dengan terbuka menerima Laporan Tahunan 2022 dan Rencana Anggaran yang disampaikan, dirinya berpesan untuk terus melakukan peningkatan pelayanan informasi dari penilaian monev ini. Selain dulungan atas program ini, Pj Gubernur Suganda juga mengatakan akan mencari solusi atas kebutuhan kendaraan operasional dan anggarannya bersama Diskominfo Babel.

Sumber : Diskominfo Babel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *