Pj Gubernur Dukung Penuh Isu Strategis yang Dibawa Komisi Nasional Disabilitas RI

PANGKALPINANG, Narasibabel.id – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan (Kep. Babel) Suganda Pandapotan Pasaribu, mengatakan bahwa dirinya akan mendukung penuh Isu Strategis yang disampaikan oleh Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND) Republik Indonesia (RI) Dante Rigmalia pada acara Sarasehan Penghormatan, Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas, di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (24/5/23).

Isu strategis tersebut di antaranya: Pendidikan, Kesehatan, Kesejahteraan Sosial, Pekerjaan, Pendataan, Penghapusan Stigma. Isu-isu tersebut yang menjadi fokus dari KND RI, berangkat dari pengalaman masing-masing anggota, serta seluruh penyandang disabilitas di Indonesia.

“Isu strategis tersebut dialami oleh kami sebagai penyandang disabilitas, baik itu dari segi pendidikan yang tidak semua bisa mengakses pendidikan yang lebih tinggi, terkendala oleh kondisinya. Pekerjaan yang terkadang syarat dan ketentuannya yang tidak sesuai dengan kondisi kebanyakan, misalnya harus minimal tamatan SMA sedangkan berdasarkan data kebanyakan difabel hanya lulus SD, lalu kondisi disabilitas yang tidak terlalu berat, dan sebagainya,” ujar Dante.

Baca Lainnya  Rudi Center, Ketua DPRD Pangkalpinang Santuni Pasien Rujukan Di Jakarta

Hadir di acara pagi hari ini, Sekretaris Daerah Kep. Babel Naziarto dan Hampir seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kep. Babel, menjadi bukti bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kep. Babel berkomitmen untuk mendukung kesejahteraan bagi penyandang disabilitas, khususnya di Kep. Babel.

“Hadir hampir seluruh Kepala OPD Pemprov. Kep. Bangka Belitung pada acara pagi ini, menjadi bukti bahwa kami berkomitmen dalam hal kesejahteraan penyandang disabilitas,” kata Pj. Gubernur Suganda.

Ia bercerita bahwa sebelum diberi amanat sebagai Pj. Gubernur, dirinya juga sangat mendukung untuk memberikan kesempatan para penyandang disabilitas untuk berkarir. Karena menurutnya, semuanya sama saja, ada kekurangan juga ada kelebihan. Untuk itu, Ia menginginkan di Kep. Babel juga dapat menjadi provinsi yang ramah untuk difabel.

Baca Lainnya  Berikan Pengantar Diskusi, Pj Gubernur Suganda Inginkan Tata Kelola Tambang yang Inklusif

“Kita harus memberikan perhatian khusus kepada saudara-saudara kita yang dalam kondisi disabilitas. Ini yang menjadi PR (Pekerjaan Rumah) kita, Pak Sekda, Kadindik, untuk memberikan kesempatan yang sama pada anak-anak kita, bisa melalui PPPK dan CPNS,” ujarnya.

Selain itu, orang nomor satu di Kep. Babel tersebut juga berpesan kepada Kadis PUPR Kep. Babel Jantani, agar bangunan-bangunan dan fasilitas yang ada di Kep. Babel untuk diusahakan ramah bagi disabilitas, guna mempermudah seluruh lapisan masyarakat menjangkaunya, baik disabilitas maupun non disabilitas.

Sumber : Diskominfo Babel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *