Audisi Paduan Suara GBN, 4 Orang Terpilih Mewakili Kota Pangkalpinang diTingkat Provinsi

oplus_1026

Pangkalpinang,- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Pangkalpinang Gelar Acara Pengkal Nyarik Duta GBN (Gita Bahana Nusantara) Tahun 2024, di ruang pertemuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Rabu (22/05/2024).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Erwandy mengatakan bahwa audisi paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Kota Pangkalpinang merupakan agenda rutin tahunan.

Read More

Disini kita memilih talenta-talenta terbaik untuk 4 kategori jenis suara antara lain Tenor, Bass, Alto dan Sopran.

Dari 38 peserta akan diseleksi pemenangnya masing-masing juara 1, 2 dan 3, untuk masing-masing kategori.

Baca Lainnya  Puncak Acara Hari IbuTahun 2023, Pj Wali Kota Pangkalpinang Gelorakan Semangat Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

“Nanti untuk pemenang dari masing-masing kategori akan kita tandingkan di tingkat provinsi dan pemenang di tingkat provinsi akan ditandingkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN),” ungkap Erwandy.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk para pemenang nantinya akan dilakukan pembinaan untuk menyiapkan bekal mereka pada saat bersaing ditingkat provinsi.

“Harapannya semoga nanti para pemenang yang diutus untuk seleksi ditingkat provinsi bisa menang seperti tahun 2023 kemarin,” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Ratna Purnamasari atau BTS (Bunda Tudung Saji) mengatakan GBN ini merupakan agenda rutin tahunan.

Dikatakannya ada sekitar 38 orang peserta yang mengikuti audisi paduan suara GBN ditingkat Kota Pangkalpinang.

“Dan nanti siapapun yang juara akan mewakili Kota Pangkalpinang untuk audisi ditingkat Provinsi,” ucap BTS.

Baca Lainnya  Bersamai Seminar Pendidikan, Pj Wali Kota Pangkalpinang Tekankan Pendidikan Akhlak Bagi Murid

Menurut BTS seandainya mereka lolos seleksi ditingkat provinsi dan tingkat Nasional maka akan ditampilkan nyanyinya untuk tahun pertama di IKN pada hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Jika mereka lolos ketingkat nasional, maka mereka akan nyanyi pertama kali di IKN pada hari kemerdekaan RI nanti,” tambahnya.

BTS juga menjelaskan mereka yang lolos selsi ditingkat Kota Pangkalpinang akan dibina sepenuhnya dari Dindikbud.

“Untuk pembinaan disupport dari Dindikbud sedangkan untuk pakaian akan disupport dari Sanggar Btd Pedapuran milik BTS,”jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk jumlah peserta ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, hanya saja untuk membaca not balok masih minim, karena menganggap remeh.

Padahal untuk benar-benar memahami not balok itu butuh waktu berbulan-bulan, jangan karena mau ikut lomba jadi persiapannya baru seminggu, itu tidak bisa.

Baca Lainnya  Terpesona akan FMF, Sandiaga Uno Sebut Wali Kota Molen Inspiratif

“Ini baru berbicara soal not balok dasar, bagaimana jika ditanya soal lainnya, jadi ini yang perlu dilakukan pembinaan agar mereka menguasai pada saat audisi nanti,” ujarnya.

Berikut Pemenang lomba Paduan Suara GBN dari 4 jenis suara yang akan mewakili Kota Pangkalpinang ditingkat Provinsi yaitu;

A. Jenis suara Sopran

Juara 1 dengan nilai 137,7, utusan dari SMAN1 PKP yaitu Sashya Maytria Amouzegar.

B. Jenis suara Tenor

Juara 1 dengan nilai 131,1, utusan dari SMA Santo Yosef yaitu Isa Pratama Putra Amanu.

C. Jenis suara Bass

Juara 1 dengan nilai 143,7 utusan dari SMA Santo Yosef yaitu Zakarya Nareswara Tulus Sinudewangga Hatmadipura.

D. Jenis suara Alto

Jara 1 dengan nilai 133,3, utusan dari  Universitas Minu yaitu Mari Etta Katarin.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *