Tuesday, December 6, 2022
HomeDaerahTim Pansus Temukan Potensi Tersembunyi dari Konsep Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan

Tim Pansus Temukan Potensi Tersembunyi dari Konsep Ranperda tentang Penyelenggaraan Kearsipan

Koba, Narasibabel.id – Tim Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung temukan sejumlah potensi untuk di akomodir ke dalam Ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan saat lakukan pembahasan bersama mitra Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (29/7/2021).

“Kita punya kearsipan yang sangat lengkap untuk kebutuhan survei misalnya, atau pun kunjungan wisatawan yang ingin menggali tempat bersejarah di Babel. Makanya ini bisa jadi sumber PAD,” kata Ringgit Kecubung, S.Pd kepada awak media internal DPRD usai memimpin rapat pembahasan ranperda tentang kearsipan.

Salah satu dari sejumlah potensi yang diungkapkan oleh Ketua Pansus Penyelenggaraan Kearsipan Ringgit Kecubung adalah berkenaan dengan kegiatan pemusnahan arsip yang dinilai telah melebih masa berlaku serta terdapatnya potensi retribusi berkenaan data kesejarahan.

Baca Lainnya  Dinas PPPAKB Akan Membentuk Tim Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang Di Kota Pangkalpinang
Baca Lainnya  Gebernur Erzaldi Menunggu Keputusan Presiden Terkait Perpanjangan PPKM

Lebih lanjut politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut tentang pentingnya dilakukan konsultasi ini oleh tim pansus guna mematangkan konsep dari ranperda. “Ini bisa menjadi acuan dalam mematangkan penyusunan konsep Raperda Penyelenggaraan Kearsipan ini,” ungkapnya.

Raperda yang baru dimulai ini, sebutnya, memang diperlukan informasi yang banyak lagi sehingga perda yang dihasilkan sesuai dengan asas manfaatnya. “Jadi setiap kunjungan ini akan memperkuat raperda yang akan kita susun,” jelasnya.

Ketua tim pansus ini menilai, selain terdapat potensi PAD, rendahnya tingkat kesadaraan akan pentingnya pengelolaan arsip masih menjadi kendala. Disamping itu juga dipeukan SDM yang betul-betul paham dan mengerti tentang kearsipan.

Hadir sejumlah anggota pansus ranperda tentang penyelenggaraan kearsipan antara lain : Wakil Ketua pansus Susi bersama sejumlah anggota, antara lain Adet, SH, MH, Drs. Rustamsyah, Firmansyah Levi, Harianto, Ranto Sendhu, SE, Toni Purnama, S.IP, Yus Derahman, Matzan, Johansen Tumanggor, SE, M.AK.

Baca Lainnya  Masyarakat Bugis Sungai Dua Gelar Sedekah Kampung, Sebagai Bentuk Rasa syukur
Baca Lainnya  UKW Ke-8 PWI Babel, Boy : Teruslah Belajar Mengupgrade Profesionalisme Sebagai Jurnalis

Rapat pembahasan Ranperda tentang kearsipan ini juga mendapatkan pendampingan dan pengawalan langsung dari Sekretaris DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Haris. AR. AP,. M.H beserta Kabag Persidangan dan Perundang-undangan, Rudi, SE,.M.Si. (Mr.FR)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Lainnya  Pertumbuhan Penduduk Meningkat Pesat, Kota Pangkalpinang Menjadi Magnet Masyarakat Luar untuk menetap

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments