Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, Gubernur Ajak Generasi Muda Menjadi Entrepreneur di Era Digital

Pangkalpinang, Narasibabel.id – Teknologi digital masa kini hingga mendatang akan semakin canggih menyebabkan terjadinya perubahan besar dunia, termasuk mentransformasikan kehidupan manusia. Manusia telah dimudahkan dalam melakukan akses terhadap informasi melalui banyak cara.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda Bangka Belitung (Babel) untuk memanfaatkan peluang pada era digital dewasa ini, salah satunya menjadi entrepreneur dibidang digital startup.

Maka, Gubenur Erzaldi Rosman saat paparannya dalam kegiatan Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Bangka Belitung yang dilakukan secara virtual, Sabtu (7/08/2021) mengajak generasi muda Babel untuk mulai mengembangkan bisnis digital, seperti yang dilakukan anak muda Babel dengan berkreasi membuat aplikasi WALAN (Warung Berjalan), sebuah aplikasi penyedia layanan transportasi, pesan antar makanan, dan kebutuhan sehari-hari.

“Saya secara pribadi dan sekaligus sebagai gubernur menyambut baik gerakan ekosistem startup di Bangka Belitung yang dimotori oleh anak-anak muda dan pihak Kemenkominfo sebagai penggerak 1000 startup digital ,” ungkapnya.

Dijelaskan gubernur bahwa dengan semakin mengikuti perkembangan digitalisasi dengan cepat di suatu daerah, maka semakin daerah itu akan berkembang. Hal ini mendorong Pemprov. Babel mengambil peran terutama dalam segi pendidikan dengan mengembangkan digitalisasi dengan segera mendirikan Balai Teknologi Informasi Pendidikan di Babel agar proses pendidikan dapat berjalan cepat, tepat, efisien dan berkembang.

Baca Lainnya  Polsek Bukit Laksanakan Pembagian BTP Untuk 300 Orang Warga

Gubernur juga menekankan kepada generasi muda untuk dapat membaca peluang kedepan dengan menyelesaikan permasalahan dengan memberikan solusi-solusi yang tepat, disamping dalam mengembangkan digital startup juga membutuhkan semangat dan motivasi dalam melahirkan suatu model bisnis yang dapat mempengaruhi semua orang dan bernilai ekonomi tinggi.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya perlu adanya dorongan dan bimbingan dari pemerintah serta akademisi-akademisi yang mahir di bidangnya, serta membutuhkan kolaborasi lintas generasi yang dinamis, jika semakin cepat dilakukan maka akan mempercepat perkembangan ekosistem digital tersebut.

Termasuk sebuah startup harus bisa memberikan problem solving bagaimana menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat dengan mengedepankan digitalisasi terutama di era pandemi saat ini.

“Kolaborasi lintas generasi diperlukan untuk membangun komunikasi dan komitmen bersama demi memajukan ekosistem startup ini tanpa batas,” jelasnya.

Dirinya menyebut ada keunikan dalam pengembangan startup bila dibandingkan dengan bisnis-bisnis lainnya. Startup bergerak tanpa batas dan tanpa adanya diksi senioritas serta birokrasi yang berbelit-belit.

Baca Lainnya  Danrem 045/Gaya, Brigjen TNI Ujang Darwis Mengikuti Paparan TMMD Ke-114 Kepada Pangdam II/Sriwijaya

“Semakin kita kreatif, semakin startup cepat berkembang. Semakin kita bisa mengolaborasi serta bersinergi, akan semakin membuat startup menjadi bernilai,” ungkapnya.

Senada dengan gubernur, Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Babel, Melati Erzaldi yang menjadi keynote speaker pada kegiatan itu memaparkan tema membangun digital ekosistem dalam pemanfaatan teknologi.

Ketua Gekraf Babel itu menjelaskan bahwa untuk menghadapi era digital, dibutuhkan komitmen peningkatan investasi di pengembangan digital skills, selalu mencoba dan menerapkan protoype teknologi terbaru, menggali bentuk kolaborasi dengan dunia pendidikan, industri, dan masyarakat baru dalam peninggkatan digital skills, serta menyusun kurikulum pendidikan yang memasukan materi human digital skills.

“Saat ini, sudah saatnya kita bergeser dari konvensional ke era digital. Sudah waktunya kita aware dan melek digital karena semua situasi telah memaksa kita untuk masuk ke dalam ekosistem 4.0,” paparnya.

Sementara itu, Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonisius Wahyu Pujianto mengatakan bahwa Gerakan 1000 Startup Digital berawal dari keinginan Presiden Jokowi ditahun 2016 untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu kekuatan digital melalui sebuah program yang dapat mempercepat Indonesia menjadi negara digital melalui pertumbuhan startup lokal. Sehingga kemudian lahirlah Gerakan 1000 Startup Digital

Baca Lainnya  Pemprov. Kep. Babel Lepas 88 Atlet PORNAS XVI KORPRI ke Semarang

“Kominfo sebagai penggerak ekonomi digital mencetuskan Gerakan Nasional 1.000 Startup dengan tujuan menambah jumlah wirausaha di bidang ekonomi digital atau disebut juga technopreneur ,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini menjadi ajang menggodok generasi muda menjadi calon startup founder (pendiri). Hal ini membutuhkan ekosistem yang kondusif dan harus ditularkan ke seluruh Indonesia yang saat ini berbasis di 20 kota yang merupakan langkah awal untuk menciptakan masa depan ekonomi digital indonesia yang lebih baik dan mengubah nasib bangsa. Gerakan ini sebagian besar diisiniasi oleh anak-anak muda.

Diketahui hingga saat ini, gerakan 1000 startup digital telah mencetak 3000 lebih penggerak, 85.000 calon startup founder, 400 lebih mentor dan 1.260 lebih startup yang telah dirintis. Pada tahun ini, roadshow telah dilaksanakan di 20 kota besar di Indonesia. (Red)

Sumber : Diskominfo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *