Saturday, July 2, 2022
HomeDaerahMasyarakat Bugis Sungai Dua Gelar Sedekah Kampung, Sebagai Bentuk Rasa syukur

Masyarakat Bugis Sungai Dua Gelar Sedekah Kampung, Sebagai Bentuk Rasa syukur

BANGKA, Narasibabel.id — Sebagai bentuk rasa yang diberikan oleh sang pencipta, masyarakat bugis yang tinggal di dusun Sungai Dua, Desa Kota Waringin, Kecamatan Mendobarat menggelar kegiatan sedekah kampung dengan makan bersama (Manre Sifulung), Sabtu (21/8) di dusun setempat.

Menurut Kepala Dusun Sungai Dua, Desa Kota Waringin, Kecamatan Puding Besar, Ambo Emang menjelaskan kegiatan sedekah kampung ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh masyarakat setempat setiap bulan Agustus dengan melaksanakan sedekah kampung atau Manre Sipulung (makan bersama).

“Sedekah kampung ini merupakan tanda syukur masyarakat Sungai Dua kepada Allah Swt, karena dalam satu tahun itu masyarakat dusun Sungai Dua diberikan keselamatan dalam mencari rezeki yang mana tanda syukur tersebut kami tuangkan dalam kegiatan sedekah kampung,” katanya.

Baca Lainnya  Ketua DPRD Pangkalpinang Bantu Fasilitas Dapur Untuk Keluarga Pasien Di Rumah Singgah
Baca Lainnya  Sambut HUT Satu Abad, PSHT Se-Provinsi babel gelar sarasehan Ajaran dan sosialisasi Organisasi.

Dikatakan dia, sebelum dilakukan sedekah kampung, tiga hari sebelumnya masyarakat sekitar juga telah melakukan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan sedekah kampung ini bersama masyarakat setempat sebagai bentuk wujud tanda syukur kepada Allah Swt atas rezeki yang diberikan.

“Acara intinya jam 8 pagi tadi kita adakan acara bersaji dilanjutkan baca doa selamat yang ditujukan kepada arwah arwah didusun ini maupun makhluk gaib yang dipercaya oleh tokoh tokoh agama,” katanya.

Atas kegiatan sedekah kampung yang sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya oleh masyarakat setempat ini direspon positif oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka.

“Karena menurut Bupati yang turut hadir dalam kegiatan ini, sedekah kampung ini merupakan kebudayaan yang harus dilestarikan dan jangan sampai punah. Bahkan kata pak Bupati sedekah kampung ini akan menjadi agenda dinas pariwisata Kabupaten Bangka” katanya

Baca Lainnya  Sambut HUT Satu Abad, PSHT Se-Provinsi babel gelar sarasehan Ajaran dan sosialisasi Organisasi.
Baca Lainnya  Walikota Molen Resmikan "Mie Time", Kuliner Istimewa Penggugah Selera Para Penikmat Sajian Mie

Kegiatan sedekah kampung dengan makan bersama ini diperingati setiap bulan Agustus yang mana pada kegiatan kali ini sebanyak 26 kali telah dilakukan masyarakat setempat setiap tahunnya.

Pada kegiatan kali ini, Bupati Bangka, Mulkan bersama Ketua TP PKK Kabupaten Bangka, Yusmiati Mulkan dan Sekda Bangka, Andi Hudirman serta sejumlah OPD lingkungan Pemkab Bangka turut hadir memeriahkan sedekah kampung yang ke 26 tahun oleh masyarakat dusun Sungai Dua di dusun setempat. (Red)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca Lainnya  Dugaan Tipikor Dinas PUPR Babel, Hadi Amak Tulis Pesan Terbuka Untuk Kajati Babel

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments