Wednesday, December 7, 2022
HomeNarasi UtamaMenyambut Hari Bakti PUPR ke-76, BWS Babel Tanam 5000 Bibit Pohon

Menyambut Hari Bakti PUPR ke-76, BWS Babel Tanam 5000 Bibit Pohon

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Balai Wilayah Sungai (BWS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan kegiatan Penanaman Pohon dalam Rangka Menyambut Hari Bakti PUPR Yang Ke-76 tahun, rabu pagi (1/12/2021) di Embung Kolong Kacang Pedang kota Pangkalpinang.

Dengan mengusung Slogan “Sigap Membangun Negeri” ada sebanyak 5000 Pohon jenis buah buahan yang ditanam di seluruh wilayah Kabupaten Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung, Ir. Panca Hermawan, Sp.1. dalam sambutannya mengatakan Hari Bakti PUPR merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun.

“Hari Bakti PUPR yang rutin kita peringati setiap tanggal 3 Desember ini merupakan upaya kita sebagai insan PUPR dalam mengenang jasa  7 orang pemuda yang gugur dalam upaya mempertahankan Gedung Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum yang sekarang sering disebut Gedung Sate di Bandung.

Dengan mengusung slogan Sigap Membangun Negeri, ditengah wabah COVID-19 yang melanda di Indonesia ini, Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung sebagai salah satu perwakilan Kementerian PUPR di Provinsi Babel tetap berusaha melaksanakan pembangunan infrastruktur Sumber Daya Air di Wilayah Babel dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sejalan dengan target kerja prioritas Pemerintah Indonesia,” ungkapnya

Baca Lainnya  Tak Terbantahkan, Faktanya Timah Masih Dominasi Angka Pertumbuhan Ekonomi Prov Kep Bangka Belitung

Lanjutnya,” Kegiatan pembangunan ini tidaklah semata-mata hanya mengedepankan konsep betonisasi namun kami selalu senantiasa mengedepankan 5 pilar Sumber Daya Air agar tetap selaras berjalan beriring bersamaan.

Baca Lainnya  Oksigen Konsentrat dan Obat, Bantuan yang Dijanjikan Presiden Tiba Hari ini

Salah satu pilar yang penting adalah pilar konservasi dan pemberdayaan masyarakat yang dimana kita implementasikan bersama-sama melalui gerakan Tanam Pohon Bersama di Sekitar Kolong Kacang Pedang ini,” tutur Panca

Ir.Panca sebut Kolong Kacang Pedang merupakan kolong yang memiliki luas 48 Ha dan memiliki kapasitas tampungan air sebanyak 1.440.000 m3.

“Kolong Kacang Pedang ini terletak di Kota Pangkalpinang dengan luas 48 Ha dan memiliki kapasitas tampungan 1.440.000 m3 dibangun pada tahun 2007.

Kolong Kacang Pedang merupakan sumber air baku untuk wilayah Kota Pangkalpinang dengan kapasitas layanan sebesar 100 l/d, selain itu Kolong Kacang Pedang juga memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai penanggulangan banjir saat musim hujan.

Dengan gambaran seperti itu tentunya kita sebagai insan PUPR diharapkan untuk peka dalam menjaga keberlangsungan fungsi dari kolong ini. Sebagai salah satu contohnya adalah dengan menghijaukan kembali daerah tangkapan air di sekitar kolong ini dengan menanam bibit pohon supaya kelak ketika pohon besar nanti juga akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” Harapnya

Baca Lainnya  Bahas Perencanaan Pembangunan Embung dan Jaringan Pipa Transmisi Spam Perkotaan, BWS Babel Audiensi dengan Walikota

Ir.Panca mengungkapkan ada sebanyak 5000 bibit pohon yang ditanam, yang berupakan bantuan dari BPDASHL Batu Rusa Cerucuk Babel.

“penanaman pohon kali ini telah kami upayakan untuk menanam sebanyak 5.000 bibit pohon. Bibit pohon yang akan kita tanam bersama-sama merupakan bantuan dari BPDASHL Batu Rusa Cerucuk Kepulauan Bangka Belitung dan bibit yang dipilih adalah bibit pohon produkti seperti pohon buah-buahan yang dapat dipanen hasilnya dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar dan pengunjung Kolong Kacang Pedang ini seperti golongan muda dan mudi, “tuturnya

Baca Lainnya  Berbincang Santai Crew KBO Babel Bersama Kesya Salim Penyanyi Cantik Asal Babel

Lanjutnya,” Harapan kita semua tentunya adalah dengan penanaman pohon di Kolong Kacang Pedang ini dapat dijadikan sebagai tonggak langkah awal kita bersama untuk lebih memikirkan kondisi lingkungan yang ada di sekitar kita dan keberlangsungan kehidupan kita yang tidak bisa luput dari air, karena air merupakan sumber kehidupan semua makhluk hidup yang ada di bumi ini,” harapnya

Baca Lainnya  Film Layar Lebar Harmoni Cinta Bhinn & Eka Segera Produksi Pada Bulan Maret

serta harapan kami kepada seluruh insan PUPR di Provinsi Kepualauan Bangka Belitung ini dan di Kota Pangkalpinang pada khususnya adalah kita harus selalu sigap dalam menyeimbangkan pembangunan baik yang bersifat sipil teknis maupun vegetatif,” tutupnya.

Kegiatan acara di hadiri oleh.
Gubernur Babel di wakili, Walikota Pangkalpinang di wakili, Kepala BPDASHL Batu Rusa Cerucuk Babel,Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Babel, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Babel, Kepala Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi Wilayah Babel, Seluruh Pejabat dan Staff Struktural serta Fungsional Di Lingkungan Balai Wilayah Sungai Babel, Bapak Ibu Ketua Komisi A, B, C TKPSDA WS Bangka, Bapak-Bapak Ikatan Pensiunan Pegawai PU Babel, Serta, Ketua dan Anggota Paguyuban Ibu – Ibu Balai Wilayah Sungai Babel, Dan seluruh tamu undangan. (Mr.FR)

Editor : Fajri Ahmad

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments