Walikota Molen Bersama Ketua PPKM Menjadi Narasumber Program Nusantara Sinergi Membangun Kejayaan UMKM Di Studi Mini LPP RRI

PANGKALPINANG, Narasibabel.id – Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) bersama Ketua Persatuan Pedagang Kecil Millenial (PPKM) Raden Nico Akbar Menghadiri Dan Menjadi Narasumber Program Nusantara ke 4 tema “UMKM-Usaha Maju, Kita Mendunia” dengan Topik Sinergitas Membangun Kejayaan UMKM, Selasa (24/5) di Studio Mini LPP RRI Lt. IV Kantor Gubernur Prov. Kep. Bangka Belitung.

Read More

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan Pemerintah Kota Pangkalpinang dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) harus bersinergi dalam mengembangkan pemasaran produk dan investasi di Kota Pangkalpinang.

Baca Lainnya  Menyajikan Menu Khas Jepang, Restoran HokBen Hadir Di Kota Beribu Senyuman

Menurut Molen, sudah menjadi tugas pemerintah daerah untuk mencari dan mempersiapkan market atau pasar dari produk-produk inovatif yang diciptakan oleh UMKM yang ada di kota berjargon Beribu Senyuman.

“Sinergitas ini terjadi apabila produk-produk UMKM yang tercipta ini inovatif dan dapat terserap dari market yang diciptakan oleh pemerintah kota melalui investasi yang masuk,” kata Molen dalam dialog dengan topik Sinergitas Membangun Kejayaan UMKM ini.

Untuk menciptakan pasar yang menarik bagi penanam modal atau investor maka wali kota melakukan branding terhadap Kota Pangkalpinang seperti melakukan pembangunan dengan penataan wilayah kota dan kemudahan perizinan berusaha

Namun demikian menurut wali kota yang mengawali karir sebagai ASN ini, memiliki mental menjadi pengusaha bagi pelaku UMKM itu mutlak dimiliki. Tidak bisa hanya berpangku tangan mengharapkan bantuan penuh dari pemerintah yang juga memiliki keterbatasan.

Baca Lainnya  Pengurus IPSM Kota Pangkalpinang Resmi Di Kukuhkan

“Kultur dan mindset harus diubah. kita sudah mudahkan perizinan bagi investor dan pengusaha. Bahkan saya dan istri turut mengendorse pelaku UMKM agar bisa dikenal,” ungkapnya.

Senada dengan Walikota Molen, ketua PPKM, Raden Niko Akbar Dalam Dialog mengatakan mental menjadi kunci utama produk UMKM dapat diterima pasar.

“Kejayaan UMKM bisa bangkit dimasa saat ini di tentukan oleh mental dan keberanian, berani tampil beda produknya sehingga dapat di terima pasar,” kata Nico sapaan akrabnya.

Ia menambahkan sepantauan selama ini para pelaku UMKM di Babel tidak berani tampil beda terhadap pesaing.

“Tidak berani explore diri hingga produk kita dapat memiliki khas tersendiri dan dapat bersaing di pasar,”ujarnya

Saat ini menurut Nico ada sekitar 700 an lebih pedagang di wilayah pangkalpinang yang sudah tergabung dalam PPKM.

Baca Lainnya  Pernyataan Walikota Molen Terkait NJOP PBB-P2

” Dalam setiap langkah dan tujuan pastilah kita menemukan hambatan & tantangan, namun sejauh ini PPKM selalu mendapatkan solusi yang di hasilkan dari sebuah kolaborasi bersama pemkot pangkalpinang. Kami PPKM selalu menerapkan apa yang selama ini sering di ucapkan walikota yaitu Kolaborasi = Solusi.”tuturnya

Raden nico juga mengatakan kami bangga dengan profesi pedagang, karena pedagang juga ikut ambil bagian peran penting dalam pondasi ekonomi suatu daerah. Pernyataan ketua PPKM itu disambut senyum sumringah walikota yang saat itu duduk bersebelahan dengan Raden Nico,”tutupnya. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *