Pantau Pelatihan Petugas Regsosek 2022, Anggota DPD RI, Ust Zuhri : Kita Butuh Data Berkualitas Untuk Menuju Satu Data Indonesia

Bangka Belitung, Narasibabel.id — Ust. H.Zuhri M Syazali, Lc,.MA Anggota Komite IV DPD RI, Dapil Prov. Kep. Bangka Belitung menghadiri sekaligus memberikan motivasi kepada para peserta yang sedang mengikuti Pelatihan Petugas Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022.

Read More

Ust Zuhri di Dampingi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga, S.Si., M.Eng. meninjau kegiatan pelatihan petugas Regsosek di Dua Tempat Berbeda yang di gelar secara serentak, yaitu di Hotel Sol Marina oleh BPS Bangka Tengah dan di Grand Puncak Hotel Pangkalpinang, oleh BPS Kota Pangkalpinang, Kamis (6/10/2022)

Ust Zuhri dalam arahannya di depan para peserta yang mengikuti pelatihan petugas Regsosek mengatakan perlunya data masyarakat yang berkualitas untuk menuju Satu Data Indonesia.

” yang ingin saya sampaikan di sini selaku anggota DPD, saya juga pernah menjadi wakil bupati dan bupati di bangka barat saya merasakan sangat penting sekali pendataan ini, kita menginginkan kualitas data karena apa yang kita lakukan ini tidak berhenti sampai disini, kita sedang menuju satu data Indonesia nanti ngak ada data bermacam-macam dengan satu data itu Insyaallah kebijakan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah itu akan tepat sasaran akan cepat menyelesaikan permasalahan yang selama ini kita hadapi, tapi semuanya itu sangat tergantung dengan expert dengan etos dengan semangat kerja kalian.

Baca Lainnya  THM Di Segel, Rio Setiady Angkat Bicara

Oleh karena itulah saya berharap banyak atas nama daerah bahwa kalian sudah melakukan satu hal yang besar di negeri ini,” ungkapnya

Menyongsong 100 tahun Indonesia di tahun 2045, Ust Zuhri berharap dengan adanya data regsosek, tidak ada lagi orang miskin di Indonesia.

” Dengan ini saya ingin sampaikan kami dan kita semua berharap banyak era ini era kalian ke depan kita mau menyongsong Indonesia 2045, 100 tahun Indonesia muda Mudahan sampai tahun ke sana tidak ada lagi orang miskin ekstrim di Indonesia kalo bisa semuanya sudah meningkat menjadi warga masyarakat yang adil makmur aman sejahtera semuanya,” harapnya.

Ditempat yang sama, Kepala BPS Bangka Belitung, Toto Haryanto mengatakan,” Pendataan awal Regsosek 2022 yang akan dilaksanakan oleh BPS ini merupakan kegiatan sensus yang bertujuan untuk menyediakan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan di seluruh wilayah Republik Indonesia, termasuk di Kota Pangkalpinang.

Baca Lainnya  Nomor Urut 2 Dapil Rangkui, Rosa Rosita Siap Rebut Satu Kursi di Pileg 2024 Nanti

Informasi kondisi sosial ekonomi penduduk dalam hal ini mencakup kondisi sosioekonomi demografis, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sosial ekonomi lainnya.

Pendataan awal Regsosek 2022 akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. Selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten,” terangnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatan Regsosek 2022, akan di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

” Kegiatan Regsosek 2022 akan dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Republik Indonesia pada tanggal 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022. Pada tanggal 29 Oktober 2022 akan dilaksanakan malam sensus dari mulai pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 06.00 WIB keesokan harinya. Sensus malam dilakukan untuk mendata penduduk yang tidak memiliki tempat tinggal tetap atau tunawisma dan awak kapal berbendera Indonesia yang sudah bertugas satu tahun atau lebih,” jelas toto.

Baca Lainnya  Rakorda Regsosek BPS Pangkalpinang, Sekda : Ayo Kita Dukung BPS Dengan Memberikan Data Yang Sebenarnya-benarnya

Diketahui, “Pelatihan petugas berlangsung sebanyak tiga gelombang dari tanggal 3-8 Oktober 2022. di Grand Puncak Hotel oleh BPS Kota Pangkalpinang.

Petugas yang dilatih berjumlah 350 petugas yang terdiri dari 13 Koordinator Statistik Kecamatan (Koseka), 69 Petugas Pemeriksaan Lapangan (PML) dan 268 Petugas Pendataan Lapangan (PPL). Koseka merupakan pegawai organik BPS Kota Pangkalpinang, sedangkan PML dan PPL merupakan mitra statistik yang telah melalui proses rekrutmen petugas.

Sedangkan Peserta pelatihan Calon Petugas Registrasi Sosial Ekonomi 2022 yang di gelar oleh BPS Bangka Tengah, di Sol Marina Hotel. terdiri dari peserta Pegawai organik BPS sebanyak 3 orang, sedangkan mitra BPS sebanyak 102 orang. PML sebanyak 21 orang PCL sebanyak 81 Orang
Peserta laki-laki sebanyak 38 orang Peserta perempuan sebanyak 64 orang. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *