Mengenal Sejarah, Ketum PERBASI : Pendiri Bola Basket Indonesia Adalah Tokoh Bangka Belitung

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Persatuan Bola Basket Indonesia atau di singkat PERBASI adalah satu-satunya badan/wadah kegiatan bola basket nasional yang memiliki wewenang dalam mengkoordinasikan dan membina segala kegiatan bola basket di seluruh wilayah hukum Republik Indonesia dan juga Perbasi merupakan mitra pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan kegiatan bola basket.

Read More

Apakah anda tahu siapa pendiri bola basket Indonesia sekaligus Ketua Umum Pertama PERBASI ?
ya Ketua Umum PERBASI adalah Putra Daerah Bangka Belitung yang bernama Tony Wen bertempat tinggal di Kabupaten Bangka, Sungailiat.

Sejarah tersebut di sampaikan Langsung oleh Ketua Umum PERBASI saat ini, Danny Kosasih saat memberikan kata sambutan pada acara Welcome Dinner Kejurnas U15 Bola Basket di Kota Pangkalpinang, Jum’at Malam (6/1/2023) di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang.

Baca Lainnya  Komunitas Peduli Sungai Resmi Dikukuhkan Kepala BWS Babel, Bertepatan Peringatan Puncak "Hari Air Dunia" Ke-30

Danny dalam kata sambutannya menceritakan diadakannya Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) U15 di Kota Pangkalpinang, Prov Kep. Bangka Belitung.

“Mengapa kejurnas kali di adakan di kota Pangkalpinang, perlu saya sampaikan saya bersama buk sekjen mengurus ini tidak main-main waktu buk sekjen bilang pak ini pak wali siap, saya langsung berangkat sendiri dan jujur saya deal sama pak wali di meja setengah jam sudah cukup, pak wali langsung bilang siap saya ambil.

Ini jarang loh pak, kalo tahun depan mau ambil lagi boleh loh pak,” ungkap Danny

Lanjutnya, Pak wali bersama rekan rekan yang lain kalo masih ada pengurus Pemprov yang hadir dengar baik baik biar ngak jadi salah paham.

Banyak saya di protes oleh daerah bahwa tiket ke Bangka Belitung mahal, tetapi saya sampaikan satu hal saja kalo harga tiket masih bisa kita buru beli tapi sejarah bola basket tidak bisa kita ulangi.

Baca Lainnya  Wali Kota Molen Akan Tuntaskan Stunting di Pangkalpinang

Bapak ibu tau, pendiri bola basket Indonesia adalah tokoh Bangka Belitung jangan kagek ya pak.
Ketua PERBASI pertama adalah orang Bangka Belitung bapak Tony Wen yang tinggal di Sungai Liat,” Tegas Danny saat menceritakan sedikit sejarah Bola Basket Indonesia di Acara Welcome Dinner Kejurnas U15 yang di Hadiri oleh Staf Ahli Bid Hukum Kemenpora RI, Dr Drs Samsudi dan Walikota Pangkalpinang Dr H. Maulan Aklil.

Sebelum acara pembukaan Kejurnas U15 Bola Basket di Stadion BMNL Kota Pangkalpinang yang akan di resmikan pada Sabtu Malam (7/1) Ketua Umum PERBASI pusat akan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kediaman Pendiri Bola Basket Indonesia, Tony Wen di Sungai Liat, Kab Bangka.

” Maka saya bersama buk sekjen besok akan berangkat ke Sungailiat akan melihat rumah beliau akan membuat konten akan menyampaikan kebenaran sejarah Bangka Belitung salah satu insan nya yang membangun bola basket Indonesia yang bernama Tony Wen,” ucapnya.

Baca Lainnya  Pernyataan Walikota Molen Terkait NJOP PBB-P2

Perlu diketahui, dikutip dari Kompas.com nama Tony Wen dan Wim Latumeten merupakan dua Tokoh Pendiri Organisasi Basket Indonesia sejak tahun 1951.

” Maladi, salah satu tokoh olahraga nasional meminta Tony Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi basket di Indonesia. Atas prakarsa kedua tokoh tersebut berdirilah organisasi bernama Persatuan Basketball Seluruh Indonesia pada 23 Oktober 1951

Di bawah organisasi induk olahraga basket tersebut, Indonesia untuk pertama kalinya mengirim regu basket bertanding di Asian Games Manila pada 1953.

Lebih lanjut, pada 1955, dilakukan penyempurnaan nama organisasi agar sesuai kaidah bahasa Indonesia menjadi Persatuan Bola Basket seluruh Indonesia (Perbasi). Pengurus pertama Perbasi adalah Tony Wen sebagai ketua, sedangkan Wim Latumeten menjabat sebagai sekretaris. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *