SMK Penerbangan Angkasa Nasional Pangkalpinang Luncurkan Program Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2023/2024

Pangkalpinang, Narasibabel.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2023/2024 akan segera dilaksanakan, bahkan beberapa tahapan sudah dipersiapkan.

Sebagai sekolah penerbangan satu-satunya di Provinsi Bangka Belitung, SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Pangkalpinang dibawah binaan Yayasan YPPN Sumbar, memiliki dua jurusan  yang sudah berdiri sejak 2019 yaitu, airfarme and powerplant (pemeliharaan dan perbaikan motor dan rangka pesawat udara) dan jurusan electrical avionics (pemeliharaan dan perbaikan instrumen elektronika pesawat udara).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Sekolah SMK Penerbangan Angkasa Nasional Pangkalpinang, Nurcholis, S.T

“SMK Penerbangan Angkasa Nasional (SPAN) Pangkalpinang yaitu sekolah kejuruan yang berfokus pada bidang keahlian perawatan engine dan struktur pesawat termasuk juga kelistrikan pesawat atau avionika,” ungkapnya, Kamis (12/1/2023).

Selain itu, karena minimnya angka sumber daya teknisi khususnya di bidang penerbangan menjadi salah satu alasan utama.

Baca Lainnya  Dilantik Jadi Ketua IKA Unsri Babel, Walikota Molen Sebut Ketua BPK RI Sebagai Mentornya

“Mengingat pesatnya perkembangan dunia teknologi sekarang searah dengan banyak nya kebutuhan Teknisi pesawat udara berdasarkan perkataan menteri perhubungan saat wisuda ATKP Surabaya bahwa kebutuhan teknisi pesawat di Indonesia masih sangat tinggi yaitu sekitar 7.500 teknisi pesawat,” terangnya.

Sedangkan, sebelumnya belum terdapat sumber daya manusia berpengalaman di sektor pendidikan kedirgantaraan dan mekanikal pesawat terbang.

“Oleh karena itu disini saya mengajak para peserta didik lulusan SMP/Mts/sederajat untuk melanjutkan study nya ke SMK Penerbangan satu-satunya di Bangka Belitung yaitu SPAN Pangkalpinang ini lah tempatnya  untuk dilatih  menjadi seorang teknisi pesawat yang berkompeten dalam sikap/attitude dan skill yang bagus dengan tenaga pendidik yang berpengalaman dan berlisensi ahli keperawatan pesawat udara. Yang searah dengan kegiatan ketarunaan dan magang praktek di maskapai penerbangan Sipil dan militer,” paparnya.

Baca Lainnya  Jadi Narasumber Simposium Nasional Atma Jaya, Pj Gubernur Suganda Beberkan Kunci Sukses Menuju Indonesia Emas 2045

Kemudian, pihak terkait terus melakukan sosialisasi lebih lanjut agar pemerataan informasi tidak hanya diketahui oleh sekolah atau masyarakat daerah kota pangkalpinang saja namun juga di daerah-daerah di kabupaten yang ada di Bangka Belitung.

Adapun pendaftaran penerimaan siswa baru telah dibuka untuk gelombang-1, dan pelaksanaan tes akademik serta tes kesemaptaan akan dilaksanakan pada 27 Januari 2023.

Berikutnya untuk para siswa yang berminat untuk mengikuti seleksi masuk pada gelombang berikutnya dapat mendaftar lebih lanjut pada gelombang ke-2 yang akan dibuka pada 30 Januari – 23 Februari 2023 dengan masing-masing tes akan diadakan pada tanggal 24 Februari, dan untuk Gelombang ke-3 akan diadakan pada 27 Februari – 16 Maret 2023 serta pelaksanaan tes tertulis dan fisik dijadwalkan pada 17 Maret 2023.

Baca Lainnya  PSHT Kota Pangkalpinang Gelar Bhakti Sosial Di Kampak Kulan

“Ayo Bergabung bersama kami untuk menjadi seorang Teknisi pesawat dimasa depan.  ‘Nenek moyangku seorang pelaut, anak cucuku Insan Dirgantara.’ SALAM PENERBANGAN – TERBANG MENGUDARA,” jelasnya. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *