Perjalanan Sarjana Sang Kader, Erwin Januardi

Bangka Belitung, Narasibabel.id — Erwin Januardi merupakan anak ke-3 dari 3 bersaudara yang terlahir dari rahim perempuan Muhammadiyah. Sang Ibunda bernama Zaleha yang sehari-hari berprofesi sebagai penjahit kebaya.

Dia menyelesaikan gelar pendidikan Sarjana Biologi di Universitas Bangka Belitung dengan pencapaian sebagai wisudawan terbaik pada wisuda XXVII UBB tahun 2023.

Sosok kecil Erwin tepatnya beranjak kelas 8 Mts, sang ayah dipanggil ke pangkuan sang maha kuasa. Bersekolah di Mts Negeri Campang Tiga, tepat setelah kepergian sang ayah, sosok ini meraih juara 1 Olimpiade Biologi yang membawanya ke kota Palembang.

Semasa bersekolah di SMA Negeri 1 Cempaka, untuk kedua kalinya dia melangkahkan kaki ke kota pempek tersebut sebagai juara 2 olimpiade kebumian.

Agustus 2018, dia melanjutkan perkuliahan di UBB pada Program Studi Biologi. Awal perkuliahan yang cukup menguras tenaga dan pikiran, sembari menjalani perkuliahan dia juga aktif melakukan rutinitas sebagai pengajar BIMBEL pada malam harinya. Hal ini demi untuk meringankan sang ibu dalam pembiayaan Uang Kuliah Tunggal (UKT) persemesternya. Walaupun UKT tersebut merupakan salah satu golongan terkecil di kampusnya, namun bagi dirinya dan keluarganya termasuk uang yang cukup besar.

Baca Lainnya  KITA BERSATU JANGAN BIKIN KEGADUHAN, MAKA KEPULAUAN BANGKA BELITUNG AKAN SEPERTI BRUNAI

Penghujung tahun 2019, sosok ini akhirnya memperoleh beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang selanjutnya disusul Djarum Beasiswa Plus (Beswan) pada pertengahan tahun 2020. Sehingga pembiayaan UKT tidak menjadi permasalahan lagi baginya.

Semasa perkuliahan, sosok ini juga aktif berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus. Organisasi di dalam kampus yang pernah dirasakannya yaitu HIMA Biologi, BEM KM FPPB, hingga DPM KM UBB. Sosok ini tidak pernah menjadi ketua organisasi kampus dikarenakan terhalang oleh sanksi akademik yang diterimanya.

Bermula pada tahun 2020, terjadi kericuhan demonstrasi dimana notabenenya dia menjadi salah satu orator dalam unjuk rasa tersebut dan akhirnya dijatuhi sanksi akademik. Setelah dijatuhi sanksi, berbeda dengan yang lainnya, dia menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Baca Lainnya  Problematika Mangrove ditengah Gempuran Aktivitas Perekonomian Pesisir di Bangka Belitung

Sementara di luar kampus, organisasi yang pernah dinaunginya yaitu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Himpunan Mahasiswa Bumi Sriwijaya Bangka Belitung (HIMASRI BABEL), Keluarga Mahasiswa Kecamatan Cempaka (KMKC), Hingga DPD KNPI Kota Pangkalpinang.

Kejarlah mimpimu hingga kau bisa terbang,
Jika belum mampu untuk terbang, maka berlari lah, jika belum mampu untuk berlari, maka berjalanlah, jika belum mampu juga untuk berjalan, cukup untuk merangkak saja.

Tidak menjadi permasalahan bagaimana tahapan proses dalam mengejar mimpi. Namun yang jelas, terus bergerak untuk maju kedepan.
Kutipan dari Marthin Luther King Jr (Aktivis AS) merupakan motivasi sosok Erwin. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *