Muscab IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung Muhammad Tahir Terpilih sebagai Ketua Umum

Pangkalpinang, Narasibabel.id – Musyawarah Cabang (Muscab) Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan Cabang Bangka Belitung (IKAMI Sulsel Babel) berhasil dilaksanakan dengan terpilihnya Muhammad Tahir sebagai Ketua Umum (Ketum) IKAMI Sulsel Babel Periode 2023-2024 di Sekretariat BPW KKSS Babel pada Rabu malam, 12 April 2023

Terpilihnya Muhammad Tahir sebagai Ketum atas dasar kesempatan musyawarah mufakat dari puluhan mahasiswa dan pelajar yang tergabung di IKAMI Sulsel Babel sebagai cabang persiapan.

Sebelumnya, Surat Keputusan (SK) Carateker telah dikeluarkan oleh Pengurus Besar (PB) IKAMI Sulsel Nomor:090/KPTS/PB/XII/2022 tentang Pengangkatan Pelaksana Tugas (Carateker) Pembentukan cabang Persiapan Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan Cabang Bangka Belitung.

Dalam surat tersebut, ketua pelaksana tugas (Plt) Muhammad Tahir, Plt Seketaris Ase Habibi dan Plt Bendahara Indo Rizki beserta anggota lainnya, dengan batas waktu pelaksanaan Muscab IKAMI Sulsel Babel pada bulan April 2023.

Ketua IKAMI Sulsel cabang Babel terpilih Muhammad Tahir mengatakan bahwa organisasi IKAMI Sulsel merupakan badan otonom dari organisasi Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) dan IKAMI Sulsel adalah organisasi yang menghimpun seluruh pelajar atau mahasiswa yang memiliki darah suku Bugis atau keturunan Suku Bugis di perantauan.

Baca Lainnya  Safriati Safrizal Apresiasi Fashion Show Nuansa Batik Lokal

Terkhusus di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) suku Bugis merupakan paguyuban terbesar ke 4 dari 28 suku di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan tugas awal kami dengan menyelesaikan Muscab IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung setelah menerima SK Carateker dari pengurus pusat dan kembali diamanahkan kawan -kawan meneruskan perjalanan IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung di negeri serumpun sebalai ini,” katanya.

Menurut Muhammad Tahir dalam penjelasannya bahwa IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung ini hadir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merupakan amanah yang harus diselesaikan yang dimandatkan kepada anak muda keturunan Suku Bugis di Perantauan di Bangka Belitung untuk bisa membangun wadah untuk berkomunikasi, bersilaturahmi dan berdialektika menyangkut isu-isu sosial masyarakat dan strategis di Bangka Belitung.

“Saya asli kelahiran di pulau Bangka dan asli orang Bangka hanya anugrah dari Allah SWT saya lahir dari keluarga dan rahim dari suku Bugis sehingga saya yakin dan percaya atas apa yang telah ditetapkan harus kita akui dan bisa jadi harus kita syukuri dengan cara-cara mengakui kita berasal dari mana dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan sosial dengan pepatah dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung,” jelas Muhammad Tahir yang juga mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Jakarta.

Baca Lainnya  Inflasi Babel Masuk 5 Besar Nasional, Kepala Perwakilan BI Dan Walikota Tentukan langkah Tepat Bersifat Struktural

Tak hanya itu, Muhammad Tahir yang akrab disapa Taher ini mengakui bahwa dirinya diberikan amanah ini langsung dari ketua berserta Seketaris Jenderal KKSS untuk membentuk IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung dengan harapan bisa menjadi wadah untuk menyambung silaturahmi antar saudara di perantauan.

“Saya sendiri diminta untuk membentuk IKAMI Sulsel di Babel ini oleh ketua Husain Karim dan Sekjen Wirawan Effendy serta pengurus KKSS lainnya sekitar mengikuti kegiatan KKSS, dengan seketika amanah itu saya emban, tak menunggu lama saya mengumpulkan teman teman yang saya kenal yang suku Bugis dan mahasiswa kita rapat dan terbentuk cabang persiapan yang kami namai IKAMI Sulsel Cabang Babel pada bulan Desember 2022 tahun lalu,” ungkapnya

Singkat cerita, Muhammad Tahir pun terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan PB IKAMI Sulsel dan terlaksana Muscab IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung.

Baca Lainnya  Walikota Molen Bersama Pihak CV BHM Lakukan Peletakan Batu Pertama Mushola Nelayan di Kel. Sinar Bulan

“Saya pun berharap dengan hadirnya IKAMI Sulsel Cabang Bangka bisa bersinergi dengan stakeholder, pemangku kebijakan dan pejabat gubernur Babel dengan program pemberdayaan kepemudaan dan ekonomi kreatif sehingga kami para pengurus dan anggota IKAMI Sulsel Cabang Bangka Belitung bisa tumbuh kembang bersama, membina, merawat, membangun dan membesar organisasi dan daerah tentunya,” pungkasnya.

Dengan demikian, Muhammad Tahir pun membeberkan bahwa Seketaris umum yang mendampinginya dalam membangun IKAMI Sulsel Cabang Bangka ialah Ase Habibi mahasiswa Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pertiba Pangkalpinang.

“Saya pun menggunakan hak prerogatif memilih Ase Habibi sebagai sekertaris umum usai terpilihnya saya sebagai Ketua umum dalam menjalankan roda organisasi dan membangun negeri serumpun sebalai lebih baik lagi,” tutupnya. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *