Sebanyak 600 Orang Dhuafa Terima Santunan di Masjid Agung Kubah Timah

PANGKALPINANG – Perintah menyantunin kaum dhuafa secara tegas diungkap dalam sejumlah ayat Al Quran. Ayat yang dimaksud adalah surat Al Isra ayat 26-27 dan juga surat Al Baqarah ayat 177.

Definisi dhuafa juga sebetulnya telah disinggung dalam salah satu sabda Rasulullah SAW. Dari Abu Darda, Rasulullah SAW pernah bersabda,

Read More

عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَبْغُوْنِي الضُّعَفَاءَ، فَإِنَّمَا تُرْزَقُوْنَ وَتُنْصَرُوْنَ بِضُعَفَائِكُمْ (رواه أبو داود)

Artinya: “Carilah keridhaanku dengan berbuat baik kepada orang-orang lemah, karena kalian diberi rezeki dan ditolong disebabkan orang-orang lemah di antara kalian,” (HR Abu Dawud).

Baca Lainnya  Dengan Senyumnya Yang Khas, Wali Kota Molen Kerap Kali Candai Jamaah Masjid Nurul Ghani

Hari ini Senin (13/11/2023) siang, di Masjid Agung Kubah Timah milik Pemerintah Kota Pangkalpinang, sebanyak 600 orang dhuafa menerima santunan. Dari Baznas Kota Pangkalpinang, berupa uang tunai dan beras.

Wali Kota Pangkalpinang Dr. H. Maulan Aklil dalam sambutannya menyampaikan, agar bantuan yang diterima dapat dipergunakan dengan baik.

“Manfaatkan bantuan ini dengan baik-baik, semoga membantu memenuhi kebutuhan,” katanya.

Wali Kota yang akrab disapa Bang Molen ini, menyinggung juga keberadaan Masjid Agung Kubah Timah, yang letaknya berhadapan dengan Alun-Alun Taman Merdeka.

Ia bersyukur saat ini, masyarakat yang sedang rekreasi di Alun-Alun, tidak terhambat lagi saat waktu sholat tiba. Bahkan dia mengajak untuk seluruh masyarakat memakmurkan Masjid Agung Kubah Timah.

“Saat ini yang sedang ke Alun-Alun nonton konser, tidak lagi meninggalkan ibadah. Karena sudah ada masjid agung ini, tolong makmurkan masjid ini, mari kita berlomba-lomba mencari keberkahan di masjid ini,” ungkap Molen.

Baca Lainnya  Dirut PT Timah Tbk, Achmad Ardianto Sebut Masjid Agung Kubah Timah Akan Menjadi Icon yang Mencerminkan Kekuatan dan Kesejahteraan

Sementara Ketua Baznas Kota Pangkalpinang Ustadz Kurnia menerangkan, santunan ini yang kedua kali, sebelumnya telah dilaksanakan di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang. Kepada 400 orang kaum dhuafa Kota Pangkalpinang.

Lanjut Ustadz Kurnia, untuk kali ini, pihaknya menyalurkan bantuan kepada sebanyak 600 orang. Dia memastikan antara penerima yang lalu dan saat ini berbeda.

“Alhamdulillah hari ini kami menyalurkan bantuan yang dititipkan para muzakki kepada Baznas. Ada sebanyak 600 orang sebagai penerima yang merupakan warga Kota Pangkalpinang, berhak menerima,”

Tuerut hadir dalam kegiatan ini, Dandim 0413/ Bangka, perwakilan Polresta Pangkalpinang, Sekda Kota Pangkalpinang Mie Go, Kepala Kantor Kemenag Pangkalpinang H. Firmantasi, pihak BPRS. Sejumlah Kepala OPD Pemkot Pangkalpinang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *