PANWASLU Kecamatan Gerunggang gandeng komunitas disabilitas dalam mensukseskan pilkada serentak tahun 2024.

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Panwaslu kecamatan Gerunggang gelar kegiatan penguatan pemahaman kepemiluan kepada disabilitas di kecamatan gerunggang dengan tema “pengawasan pemilu partisipatif panwaslu kecamatan gerunggang bersama komunitas disabilitas”. (12/9)

Read More

Dalam kegiatan tersebut, Staff Sekretariat Bawaslu Kota Pangkal pinang, Lala miami pameswari mengatakan bahwa pengawasan partisipatif ini merupakan salah satu ikhtiar bawaslu untuk mengajak seluruh elemen masyarakat,termasuk penyandang disabilitas untuk ikut aktif dalam mengsukseskan dan mengawasi pilkada serentak tahun 2024.

Baca Lainnya  Anggota DPRD Pangkalpinang Harapkan BPBD Pangkalpinang Pantau Genangan Air di Kota Pangkalpinang

“Pada tanggal 27 november nanti kita akan melaksanakan pemilihan serentak kepala daerah,dan teman-teman sangat di butuhkan bawaslu dalam kerja-kerja pengawasannya”,jelasnya

Sedangkan dalam sambutannya, Ketua Panwaslu kecamatan Gerunggang, Supar Romi mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka mengajak penyandang disabilitas untuk terlibat aktif dan ikut mengawasi pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024.

“Kita semua sama dalam rumah besar bangsa Indonesia,tidak ada pembedaan-pembedaan,pilkada ini milik kita semua bukan milik pemerintah dan penyelenggara saja, tetapi milik seluruh rakyat Indonesia,oleh karena itu kita semua harus aktif dalam mengsukseskan dan pengawasan dalam pilkada mendatang”,ujarnya

Ketua Panwaslu kecamatan Gerunggang ini menyatakan bahwa sebagaimana tagline Bawaslu yang berbunyi Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu, maka semua rakyat juga harus bersama-sama menegakkan keadilan pemilu.

Baca Lainnya  Pentingnya Bantuan Hukum Bagi Masyarakat, Firmansyah Levi Sosialisasikan Perda No. 1 Tahun 2015

Erwin Januardi,Anggota PPK kecamatan Gerunggang selaku pemateri dalam kegiatan tersebut mengatakan ada sekitar 127 pemilih disabilitas yang tersebar di 64 TPS Se-kecamatan Gerunggang yang sudah di tetapkan dalam rapat pleno Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) pada bulan September lalu. Dia juga menyampaikan bahwa pemilih disabilitas ini nanti akan di berikan perlakuan khusus oleh petugas KPPS seperti akan diprioritaskan dalam pencoblosan serta akan ada pendampingan pencoblosan apabila itu di perlukan. Dan pada pilkada serentak tahun ini kita akan memilih gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota untuk satu periode 5 tahun kedepan.

Danu miharja selaku ketua TKSK kecamatan Gerunggang dan sebagai peserta dalam kegiatan tersebut menyampaikan kepada pemateri dan penyelenggara dalam kegiatan tersebut mengatakan agar teman-taman disabilitas yang merupakan pemilih dengan hak yang sama dengan pemilih yang lainnya agar menjadi perhatian khusus oleh pihak penyelenggara.

Baca Lainnya  Disinyalir Cacat Administrasi dalam Penetapan Badan adhock PPS dan PPK, KPU Pgk Kembali Dilaporkan

“Seperti yang kita ketahui disabilitas ini banyak macamnya ada disabilitas fisik,tunanetra,tunadaksa,tunarungu,tunawicara dan ada juga disabilitas mental, dan tentu disetiap jenis disabilitas ini mempunyai cara yang berbeda untuk memperlakukannya,dan kami harap kawan-kawan penyelenggara dan pengawas bisa memperlakukannya dengan baik, agar pemilihan kepala daerah kita di rasakan oleh semua elemen masyarakat dan bisa berjalan dengan tertib dan aman”. Ucapnya.
Penulis: BALL

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *