Benahi Kawasan Muara Sungai Kurau yang Rawan Banjir, Pemprov Babel Akan Kolaborasi dengan BWS Babel Kementerian PUPR

Bangka Belitung, Narasibabel.id – Kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel), Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah (Pemkab. Bateng), dan Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung (BWS) Kementerian PUPR segera terjalin dalam waktu dekat untuk membenahi muara sungai di Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah.

Seperti diketahui, kawasan Desa Kurau menjadi langganan banjir setiap tahun yang diakibatkan pendangkalan sedimentasi pada muara sungai. Sehingga, apabila terjadi curah hujan tinggi dan bersamaan dengan muka air laut yang pasang, maka banjir tak terelakkan akan terjadi di wilayah tersebut.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam rapat sinkronisasi program pengendalian banjir Desa Kurau di Ruang Tanjung Pendam, Kamis (26/8), mengutarakan pertemuan ini membahas rekonsiliasi, rekondisi, serta relokasi dalam rangka pengendalian banjir di Desa Kurau.

Baca Lainnya  Cek Pelayanan, Ketua DPRD Pangkalpinang Datangi Perumda Tirta Pinang Kota Pangkalpinang

“Setelah dilakukan normalisasi sungai, maka nantinya tidak ada kendala bagi nelayan untuk melaut. Selain itu, Desa Kurau juga akan dijadikan Desa Wisata, karena lokasi ini akan menjadi titik poin untuk ke Pulau Ketawai, nanti akan tumbuh UMKM-UMKM disekitar,” ungkapnya.

Maka, gubernur menekankan kepada pihak BWS Bangka Belitung agar membantu pembangunan infrastruktur seperti jalan dan taman, jangan hanya dibebankan pada pihak provinsi maupun kabupaten saja.

Disamping BWS Bangka Belitung yang akan melakukan penataan normalisasi muara sungai Desa Kurau, dalam rapat tersebut juga disepakati tugas Pemprov. Babel untuk melakukan pembangunan rumah kepada masyarakat yang direlokasi, sedangkan Pemkab. Bateng bertugas menyiapkan lahan lokasi pembangunan rumah, dan Badan Pertanahan Nasional bertugas sebagai administrasi dan penataan lahan (penyiapan sertifikat tanah).

Baca Lainnya  Rektor Unmuh Babel : Segala SARA dan Pilihan Organisasi Mahasiswa, Semuanya Anak Kami

Orang nomor satu di Babel itu juga menegaskan kepada stakeholder terkait untuk mempercepat proses rekomendasi dalam mendukung program pengendalian banjir, seperti rekomendasi tata ruang darat, tata ruang laut, status wilayah hutan, serta dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

“Saya minta sesegera mungkin dirapatkan dan diproses pemberkasannya,” tegas gubernur.

Senada dengan gubernur, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan bahwa sangat mendukung proyek ini. Pihaknya juga telah memetakan jumlah warga yang akan direlokasi dan mereka menyatakan kesiapannya menyetujui kegiatan itu.

“Sesuai tugas kami dalam pembebasan lahan, sudah kami ajukan dalam KUA PPAS 2022 kepada pihak DPRD Bateng,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Wilayah Sungai Bangka Belitung, Ir. Panca Hermawan, Sp-1 mengatakan bahwa sungai yang memiliki luas DAS sebesar 575 km2 ini mengalami sedimentasi sebesar 221.232,598 ton/tahun.

Baca Lainnya  STOP PRESS Wartawan Narasibabel.id

Untuk menyikapi hal tersebut, pihaknya merencanakan akan melakukan berbagai langkah penanganan diantaranya, pengendalian sedimen degradasi sungai, pembuatan tanggul dan parapet, serta pembangunan jeti atau bangunan pengendali muara.

“Selain itu kami juga ingin memaparkan rencana dumping area dan lokasi tambatan perahu,” ungkapnya. (Mr.FR)

Sumber : Diskominfo Babel
Editor : A.Fajri

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *