Refleksi 23 Tahun Pembangunan dalam Sidang Paripurna Istimewa Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

PANGKALPINANG, Narasibabel.id – Segenap masyarakat Kepulauan Bangka Belitung dengan suka cita merayakan 23 Tahun Hari Jadi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Prov. Kep. Babel). Usai diperingati dengan upacara dan berbagai pertunjukan kesenian di Halaman Kantor Gubernur, ungkapan rasa syukur atas terbentuknya Prov. Kep. Babel pun dilanjutkan dengan Sidang Paripurna Istimewa yang berlangsung di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kep. Babel, Selasa (21/11/2023).

Read More

Penjabat (Pj) Gubernur Kep. Babel yang belum lama ini dilantik, Safrizal ZA dalam sambutannya mengatakan, pada hakikatnya Peringatan Hari Jadi Prov. Kep. Babel merupakan ungkapan rasa syukur atas berkat rahmat Allah SWT. Selain itu, juga merupakan penghormatan terhadap jasa para pejuang sehingga lahirnya Pemerintah Prov. Kep. Babel yang pada momen tersebut turut hadir.

Dalam kesempatan itu pula, Pj Gubernur Safrizal mengungkap berbagai capaian pembangunan Prov. Kep. Babel selama 23 tahun berdirinya Provinsi Kep. Babel dihadapan Sidang Istimewa. Menurutnya, peringatan Hari Jadi Provinsi merupakan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap pelaksanaan pembangunan tahapan keempat dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Prov. Kep. Babel Tahun 2020-2025 dan pelaksanaan pembangunan tahun pertama pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026.

Baca Lainnya  Pj Gubernur Safrizal Perjuangkan Tambang Legal Bagi Rakyat Babel ke Komisi VII DPR RI

“ Selama kurun waktu perjalanannya, Kepulauan Bangka Belitung menghadapi dinamika yang kompleks. Meskipun memiliki potensi yang besar, pemanfaatan sumber dayanya tentu belum sepenuhnya optimal dan berkelanjutan. Namun demikian, kita patut bersyukur selama kurun waktu 20 tahun lebih perjalanannya, capaian kinerja pembangunan daerah Kepulauan Bangka Belitung dapat dikatakan berhasil dengan baik, dengan nilai capaian kinerja pembangunan yang relatif baik”, ucap Pj Gubernur Safrizal.

Dijelaskan, bahwa berbagai kebijakan dan program pembangunan yang telah dilakukan oleh Gubernur terdahulu difokuskan untuk penguatan dan peningkatan perekonomian daerah, peningkatan kapasitas dan kualitas SDM, serta peningkatan partisipasi publik dalam rangka menuju masyarakat Babel yang demokratis dan sejahtera.

Selain itu, ia juga mengatakan kondisi ekonomi makro Kep. Babel yang tumbuh fluktuatif. Meskipun pertumbuhan ekonomi rata-rata 4 – 5 persen selama 5 tahun, namun menurutnya hampir seluruh lapangan usaha tumbuh positif, ditandai menguatnya harga komoditas unggulan seperti timah, Crude Palm Oil (CPO) dan lada di pasar internasional. Sehingga tahun 2022 pertumbuhan ekonomi bergerak naik hampir mendekati pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca Lainnya  Ini Kata Tokoh Masyarakat Ada Bendera Primkopal Ditancapkan Bukit Pasir Muara Air Kantung

Lebih lanjut, dari sisi neraca perdagangan, ia mengungkap komponen ekspor luar negeri Kep. Babel yang juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Neraca perdagangan luar negeri Kep. Babel surplus 2,56 miliar US$ pada tahun 2022. Setiap bulan, ekspor Kep. Babel lebih besar daripada impor. Yang mana negara tujuan utama ekspor timah Kep. Babel pada tahun 2022 adalah Tiongkok, Singapura, India, Korea Selatan, dan Jepang. Sementara komoditi utama ekspor Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah timah dengan kontribusi sebesar 86,86 persen.

Berbicara seputar pendapatan perkapita, Pj Gubernur Safrizal memaparkan, Kep.Babel juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya dengan capaian sebesar Rp. 63,75 juta. Tidak jauh dari level upper middle income country, yaitu wilayah dengan pendapatan per kapita 4,256 sampai 13,205 US$. Ia berharap, kondisi ini dapat meningkatkan kepercayaan dan persepsi investor untuk berinvestasi di Kep. Babel.

Baca Lainnya  Audiensi dengan BAMAG LKKI, Pj. Gubernur Suganda Dengarkan Berbagai Aspirasi

Dalam sidang istimewa tersebut juga disebutkan sejumlah keberhasilan disektor lain, misalnya di sektor pariwisata, peningkatan pengentasan kemiskinan dan prevalensi stunting, penguatan SDM dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), serta capaian indikator lain di sektor kesehatan.

Meski demikian, masih banyak hal yang perlu dilakukan dan menjadi prioritas serta perhatian bersama, misalnya pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem dan penurunan prevalensi stunting. Untuk itu ia berharap mendapat dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama memperjuangkan hal tersebut, termasuk juga menciptakan suasana teduh dan kondusif dalam menghadapi Pemilu serentak 2024.

“ Pada kesempatan ini saya juga memohon dukungan dari semua pihak, untuk mewujudkan hal yang diamanahkan, kita menjaga Bangka Belitung untuk terus berkolaborasi, bersatu padu mewujudkan Babel yang semakin baik”, pintanya.

Sidang istimewa Peringatan Hari Jadi Prov. Kep. Babel berlangsung khidmat, didampingi seluruh pejabat Forkopimda, Pj Gubernur Safrizal menerima potongan tumpeng pertama dari Ketua DPRD Kep. Babel, Herman Suhadi sebagai tanda sinergi Pemerintah Provinsi dengan Masyarakat, membangun Bumi Serumpun Sebalai.

Sumber: Diskominfo Babel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *