Jadi Narsum Kuliah Umum, Ex.Presiden Pemuda Asia-Afrika, Beni Pramula Membagikan Pengalaman dan Ilmu Ke Mahasiswa

PANGKALAN BARU, Narasibabel.id — Universitas Muhammadiyah (UnMuh) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) gelar “Kuliah Umum” Bertajuk ” Gerakan Mahasiswa UnMuh Babel Mendunia dalam Menyongsong Generasi Emas 2045″.

Read More

Kuliah Umum digelar di gedung Babel Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung dengan menghadirkan dua narasumber luar biasa ; Rektor Unmuh Babel, Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM., dan seorang Penulis sekaligus Politisi muda, Beni Pramula, S.Ikom., M.M.

Muda, lugas, tegas, berwibawa dan naratif, demikian kira-kira gambaran narasumber satu ini, Beni Pramula. Ia adalah aktivis yang menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) periode 2014-2016. Ia juga pernah menjabat sebagai Presiden Pemuda Asia-Afrika atau Asian-African youth Government (AAYG) pada tahun 2015 hingga 2021.

Sebagai Politisi ia dikenal pada tahun 2022 memimpin Organisasi Partai Politik, dan sebagai seorang penulis buku, karyanya antara lain ; Merebut Momentum Meretas Zaman Menduniakan Gerakan, Ironi Negeri kepulauan, Mengukir Sejarah Merawat Peradaban.

Baca Lainnya  Kasiter Kasrem 045/Gaya hadiri Milad ke 10 Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

“Empat karakteristik mahasiswa kita saat ini : Organisatoris, Akademis, Romantis, dan Hedonis. Dimanakah karakter ideal kita seharusnya?”, tanya Beni diawal narasinya.

Jadi mahasiswa unggul dalam akademis harus punya kompetensi dalam bersosialisasi dengan masyarakat. Mampu, mau dan fleksibel ditengah-tengah masyarakat. Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk berkolaborasi antara organisatoris (ahli dalam berorganisasi) dan akademis (berorientasi pada nilai-nilai akademis)”,sambungnya.

Lanjutnya, “Tanggung jawab mahasiswa sebagai agent of change, tidak sekedar mengembangkan diri sendiri tetapi juga berguna bagi bangsa dalam menyongsong generasi emas 2045 yang harus memiliki bekal, pertama Kompetensi. Mahasiswa agar mampu berwirausaha, tidak hanya menjadi job seeker tetapi harus bisa menjadi job creator. Kedua Akhlak, junjung tinggi budi pekerti adat ketimuran, tidak mengikuti budaya seks bebas dan narkoba. Ketiga Etos kerja yang tinggi, jangan gampang mengeluh”, pesan Beni.

Selaras dengan narasumber pertama, Rektor Unmuh Babel yang memiliki segudang pengalaman dalam berorganisasi semenjak ia menjadi mahasiswa, selalu menjadi inspirator bagi banyak orang.

Baca Lainnya  Rektor UNMUH Babel, Fadillah Sabri Resmi Tutup Masa Ta'aruf Kampus Tahun 2023

Fadillah langsung menggelegarkan mahasiswa yang hadir dengan menanyakan, Apa itu Malari? Malari (Malapetaka Lima belas Januari) merupakan peristiwa demonstrasi mahasiswa dan kerusuhan yang terjadi pada tanggal 15–16 Januari 1974. Ketika kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Jepang, ke Indonesia. Para mahasiswa waktu itu melakukan demonstrasi karena harga-harga yang tinggi, dan ketidaksetaraan investasi asing. Kerusuhan tersebut menyebabkan banyak perubahan dalam masa pemerintah orde baru, era kepemimpinan presiden Soeharto.

Fadillah menganjurkan mahasiswa untuk membaca karya Tan Malaka yang terkenal dengan pesannya “IDEALISME adalah kemewahan terakhir yang hanya dimiliki pemuda”.

Kalau ingin menjadi mahasiswa, maka idealisme adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh mahasiswa. IPK yang bagus, gelar sarjana yang banyak tidak akan ada gunanya jika tidak tidak kalian gelarkan pergerakan. Melangit, tetapi tidak membumi”, tegasnya

Sambungnya,” Kita tidak akan mendunia kalau tidak punya gagasan, dan pemuda yang hebat harus punya gagasan, karena ciri orang muda itu adalah bicara masa depan, dan gagasan itu harus bisa dinarasikan”, pungkas Fadillah.

Kuliah umum secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor 1, Dr. Pratiwi Amelia M.Pd., B.I., dan dihadiri oleh Pjs Dekan FISB Fahri Reza, S.E., M.Ak., Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Nurzaidah Putri Dalimunthe, S.Si., M.Si., Pjs. Kepala Sub Bagian Pengembangan Minat & Bakat Mahasiswa Dodi Pranata, M.Pd., Dosen Kewirausahaan Sumarno, S.E., M.M., dan Ahmad Rama Efrizal, S.E., M.M.

Baca Lainnya  Undang Anak Yatim dan Masyarakat ke Rumah Dinas, Pj Gubernur Babel Adakan Pengajian dan Doa Bersama

Acara yang dipandu oleh mahasiswi PBI, Alsya, juga dihadiri oleh tamu undangan lainnya ; anggota DPD RI ustadz Zuhri dan Pengusaha Rodi Afriniko. Kuliah umum diadakan Jum’at, 19 Januari 2024 diikuti oleh mahasiswa dengan animo yang luar biasa sehingga kegiatan yang berlangsung sekitar satu jam setengah berlalu begitu cepat dan meninggalkan kesan yang mendalam.

Seorang mahasiswa harus menghindari musuh terbesarnya yakni sikap apatisme dan memiliki sikap sebagai pejuang sejati membangun kesadaran bagi diri sendiri dan juga bagi masyarakat. (Red)

Ayo kuliah di UnMuh BaBel kampus yang Berkemajuan dan Mencerahkan” Info lengkap hubungi WA Admin (0812 – 7493 – 1707), kunjungi kami di

website : pmb.unmuhbabel.ac.id

IG : https://instagram.com/unmuh_babel

FB : https://www.facebook.com/unmuh.bangkabelitung

Youtube : Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Production By HUMPRO UNMUH BABEL

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *