Sosialisasi Empat Pilar, Darmansyah : Ini Harus kita Jiwai Kita Terapkan Didalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Anggota DPD/MPR RI, Dapil Prov. Kep Bangka Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein, Menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Tahun 2023, di SMK Negeri 4 Kota Pangkalpinang, Jumat (24/3/2023)

Read More

Mengusung Tema : Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, kehadiran Darmansyah Husein bersama team disambut baik oleh puluhan Siswa Siswi Taruna SMKN 4 kota Pangkalpinang, di gedung Lep Navigasi SMKN 4 Pangkalpinang.

” Hari ini kita melaksanakan salah satu tugas dari pada anggota MPR RI, jadi kita ini anggota DPD merangkap juga sebagai anggota MPR, salah satu tugasnya mensosialisasikan empat pilar, “Darmansyah saat di wawancara Narasibabel.id selepas kegiatan sosialisasi.

Baca Lainnya  Bang Molen Maju Kembali Jadi Walikota Pangkalpinang, Relawan Senyum 1912 : Kami Sangat Apresiasi

terkait Empat Pilar, Darmansyah Menerangkan yaitu Pancasila, UUD 1946, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Empat Pilar MPR itu ialah Pancasila, UUD 1945, kemudian NKRI bentuk negara kita yang sudah Final dengan kesatuan republik Indonesia serta semboyan bangsa Indonesia sebagai sebuah bangsa adalah Bhinneka tunggal Ika,” terangnya.

Darmansyah berharap dengan adanya sosialisasi ini, Siswa Siswi Taruna SMKN 4 Pangkalpinang dapat termotivasi agar mendalami lebih jauh makna dari Empat Pilar.

” Dengan harapan bahwa mereka mau termotivasi untuk mempelajari lebih jauh karena yang saya berikan tadi hanya pengantar pengantar saja,” harapnya

selain itu, Darmansyah menerangkan Makna dari Empat Pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

” Makna empat pilar ini adalah sikap kita sebagai warga negara Indonesia yang baik, yang harus kita jiwai kita terapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara jadi sebagai contoh misalnya Pancasila itu bukan hanya di hapalkan.

Banyak orang hapal Pancasila tetapi bagaimana implementasi nya dalam kehidupan sehari-hari itu yang penting, bagaimana butir butir Pancasila itu apakah kita sebagai pejabat negara seperti saya, itu dalam merumuskan UUD harus tetap berpedoman kepada Pancasila ataupun barang kali disini sebagai siswa misalnya sebagai tarun itu bagaimana sikap kita sebagai manusia Pancasila.

Baca Lainnya  DPRD Gelar Rapat Paripurna Pengangkatan Sumpah dan Janji PAW Anggota DPRD Babel

sebagai contoh dalam penerapan ketuhanan yang maha esa kita lihat apakah dia bisa menjalankan syariat peribadatan nya itu kalo dia jalankan itu berarti salah satu sila dari pada Pancasila itu di jalankan,” ujarnya.

senada dengan Darmansyah, Helmi Ibrahim, S.Pd.Bio, Wakil Tata Ruang SMKN 4 Pangkalpinang kepada awak media narasibabel.id mengatakan,” ini untuk pembelajaran anak anak semua bahwa empat pilar itu penting, mereka harus mengetahui apa itu empat pilar merupakan dasar dasar yang disepakati oleh pendiri negara ini.

sekarang mereka telah mengetahui ada pembukaan ada Pancasila seperti apa ada rumusan rumusan kenegaraan hal ini termasuk keputusan keputusan yang memberikan negara kita menjadi negara yang utuh yaitu negara RI Harga Mati,” ungkapnya

selain itu, taruna setelah mendengarkan paparan dari Anggota DPD RI, Darmansyah sekarang para taruna mengetahui struktur organisasi di pemerintahan pusat maupun daerah.

Baca Lainnya  Anggota DPD RI, Ust Zuhri Gelar Sosialisasi Empat Pilar di Madrasah Alliyah Nurul Qur'an

“setidaknya mereka harus mengetahui apa sih DPD itu apa sih MPR itu apa sih DPR itu ternyata ada struktur di pemerintahan di pusat ada legislatif nya ada yudikatif nya dan eksekutif.

Dan ternyata Alhamdulillah setelah mereka mendengar mereka memahami bahwa itulah struktur yang ada di pusat maupun struktur yang ada di daerah,”ujarnya.

Diakhir kata, Helmi mengucapkan terimakasih kepada Anggota DPD RI dapil Bangka Belitung, Darmansyah yang sudah memberikan ilmu pembelajaran tentang Empat Pilar di SMKN 4 Pangkalpinang.

” Dengan itu saya mewakili kepala SMKN 4 yang kebetulan saat ini berhalangan hadir di tengah-tengah kita saya ucapkan terimakasih untuk Bapak Darmansyah yang sudah menyempatkan hadir memberikan pembelajaran ilmu kepada anak didik kami pada hari ini,” ucapnya. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *