Komisi III DPRD Babel Gelar RDP Bersama PLN Wilayah, Terkait Seringnya Pemadaman listrik

PANGKALPINANG, Narasibabel.id — DPRD Provinsi Bangka Belitung menggelar Rapat Kerja Komisi III bersama PLN Wilayah Babel, untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait pemadaman listrik di wilayah itu, pada Jumat, (24/3/2023) di Ruang Rapat Komisi III DPRD Babel.

Dalam RDP yang tersebut Adet Mastur sebagai ketua Komisi III DPRD Provinsi Bangka Belitung menanyakan prihal terjadinya pemadaman bergilir, yang dinilai sangat meresahkan masyarakat.

Read More

“Banyak masyarakat mengeluh adanya pemadaman listrik beberapa hari ini. Biar kami tau apa duduk permasalahan memanggil pihak PlN Babel,” ujar Adet Mastur.

Baca Lainnya  Hellyana Siap Emban Amanah Partai, Jika Ditunjuk Menjadi Pimpinan DPRD Babel

Adet juga menjelaskan, pihaknya banyak mendapat keluhan dan aduan dari masyarakat terutama para pelaku UMKM yang merugi akibat pemadaman listrik bergilir tersebut.

“Hal yang sama juga disampaikan para UMKM kesini larena adanya pemadaman berdampak kepada para umkm apalagi menjelang ramadan kemarin, mereka merasa banyak kerugian,”ujarnya.

Tak hanya itu kata Adet, informasi secara masif perlu dilakukan oleh pihak PLN Babel, agar masyarakat dapat menerima jadwal pemadaman dan alasan gangguan pemadaman listrik itu.

“Kami belum memiliki informasi resmi dari PLN Babel ke DPRD Babel, maka banyak masyarakat datang ke kami menanyakan hal demikian. Apalagi masyarakat menilai pemadaman listrik jadi agenda tahunan setiap menyambut ramadan, di Babel pasti ada pemadaman listrik,”ucapnya.

General Manajer PT PLN UIW Babel Arjun Karim mengatakan, penyeban terjadinya gangguan listrik adanya beberapa tower transmisi yang roboh di jalur Kenten-Tanjung Api-api, Sumatera Selatan.

Baca Lainnya  Komisi III DPRD Babel Audiensi Bersama 13 Kades Se-Kecamatan Sungai Selan

“Ada insiden lima tower roboh T36-T40 150Kv di antara GI Kenten dan GI Tanjung Api-Api Sumsel, sistem kabel laut dalam posisi off. PLN akan melakukan pemadaman bergilir dikarenakan Pulau Bangka mengalami defisit daya,”

Ajrun juga mengatakan pihaknya sudah mengerahkan tim untuk menangani defisit 25 MW listrik di Bangka Belitung saat ini.

“Untuk sementara info yang kami dapatkan itu terjadi sambaran petir, kalau untuk di wilayah bangka belitung semua baik, hanya saja ini kan terjadi di luar, terakhir hari ini sudah ada 3 tower yang berdiri dan tahan penarikan kabel” Jelas Ajrun. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *