Algafry Sebut Pekebun Kelapa Sawit Bangka Tengah Akan Dapat Bantuan Sarpras, Apa Sajakah?

PANGKALANBARU, – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) gelar Sosialisasi Sarana dan Prasarana (Sarpras) Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2023 bertempat di Ballroom Hotel Santika Bangka, Kamis (20/07/2023).

Sosialisasi ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terhadap pengembangan kelapa sawit sebagai salah satu komoditas perkebunan terbesar di Bangka Tengah. Diikuti sebanyak 50 peserta, sosialisasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan produksi, produktivitas, dan mutu kelapa sawit milik para pekebun.

Read More

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman dalam sambutannya mengatakan bantuan sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit diberikan dalam bentuk paket, diantaranya perluasan tanaman kelapa sawit (ekstensifikasi), pemeliharaan tanaman menghasilkan (intensifikasi), bantuan alat pascapanen, unit pengolahan hasil, pembangunan atau peningkatan jalan, alat transportasi, mesin pertanian, infrastruktur pasar, serta verifikasi teknis melalui sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Baca Lainnya  Pj Gubernur Suganda Silaturahmi ke Polda Kepulauan Bangka Belitung

“Kegiatan sarpras ini merupakan kegiatan baru di Bangka Tengah yang disosialisasikan hari ini dan diharapkan bisa membantu peningkatan kesejahteraan para pekebun di Bangka Tengah,” ucap Algafry.

Ia mengatakan Pemkab Bangka Tengah mendaptkan alokasi target sarana dan prasarana perkebunan kelapa sawit, berupa intensifikasi seluas 100 ha, pembangunan jalan produksi seluas 100 ha, dan 1 sertifikat ISPO untuk tahun 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dian Akbarini mengatakan kegiatan sarpras ini difasilitasi oleh Badan Pengelolan Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Sedangkan, penyediaan bantuan sarana dan prasarana bagi pekebun kelapa sawit dapat diberikan melalui kelompok tani, gabungan kelompok tani (gapoktan), koperasi perkebunan ataupun kelembagaan perkebunan lainnya.

“Saya harap dukungan sarpras ini dapat mendorong pertumbuhan sektor perkebunan kelapa sawit serta mampu meningkatkan kesejahteraan para pekebun kelapa sawit,” tuturnya.

Baca Lainnya  Algafry Ingatkan Warga Desa Belimbing Pentingnya Jaga Hubungan Baik Antar Sesama

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Jaiz selaku Koordinator Teknis Sekretariat Tim Sarana dan Prasarana Perkebunan Kelapa Sawit.

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah
Penulis: Deanty N
Editor: kumala sari dewi
Fotografer: Deanty N

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *