Bunda PAUD Babel Sosialisasikan Gerakan Transisi Pendidikan TK ke SD yang Menyenangkan

TANJUNGPANDAN, Narasibabel.id – Penjabat Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Maya Suganda Pasaribu menggelar Open House dan Sosialisasi Gerakan Bersama Transisi Pendidikan dari TK ke SD yang Menyenangkan di SMKN 1 Tanjungpandan, Kamis (12/10/2023)

Read More

Kegiataan yang disertai pembagian buku Transisi TK ke SD ini dihadiri juga oleh Bunda PAUD dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

“Buku ini adalah hasil kajian, sebagai persiapan serta pengetahuan bagi tenaga pendidik dalam memberikan ilmu ke siswanya. Biar pembelajaran jadi lebih menyenangkan,” jelas Maya.

Baca Lainnya  Pj Gubernur Safrizal Bicara Langkah Konkret Penanggulangan Bencana Alam

Ia menjelaskanya bahwa untuk membangun kemampuan pada anak, perlu dilakukan secara bertahap dan dengan cara yang menyenangkan, agar manfaat baik dari pembelajaran dapat tercapai.

Sehingga menurutnya, satuan pendidikan perlu merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi pembelajaran aktif dan eksploratif, membangun rasa ingin tahu, dan sarat dengan interaksi positif yang membangun kepercayaan diri pada anak.

Kemudian sebut dia, agar menghindari asesmen di kelas berupa tes lisan dan tertulis untuk mengurangi potensi stress pada anak usia dini.

“Hasil asesmen digunakan sebagai dasar pembinaan, bukan pelabelan ‘anak pintar’ dan ‘tidak pintar’,” tuturnya.

Selain itu, ia juga meminta peran aktif melaporkan perkembangan peserta didik kepada orang tua/wali saat pelaporan hasil belajar.

Baca Lainnya  Terima Kunjungan PGIW dan GPdI Kep. Babel, Pj Gubernur: Kita Harus Kembangkan Teologia Kasihan

“Sampaikan yang sudah baik dan yang masih perlu penguatan. Dengan demikian anak terdampingi, baik di satuan pendidikan maupun di rumah,” ungkapnya.

Sumber : Diskominfo Babel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *