Wujudkan Keterwakilan Perempuan di Parlemen, Pilih Dinda Rembulan Caleg DPD RI, Dapil Babel No Urut 7

Bangka Belitung, Narasibabel.id — Pemilihan Calon Legislatif (Caleg) Anggota Senat (Senator) DPD RI, Dapil Prov. Kep. Bangka Belitung (Babel) melalui Pemilihan Umum (Pemilu) serentak pada 14 Februari 2024 mendatang, tampak sedikit berbeda dari Pemilu sebelumnya.

Read More

Pasalnya, diantara 15 Calon senator DPD RI yang menjadi peserta pemilu, terselip satu nama Caleg Perempuan yakni Dinda Rembulan.,B.A yang merupakan satu satunya sosok perempuan muda, inspiratif dan diyakini dapat memotivasi generasi muda terkhususnya di bumi serumpun sebalai ini.

Selain itu, komposisi caleg muda ini menunjukkan semangat dan antusiasme generasi muda untuk terlibat dalam perpolitikan, dengan harapan dapat menjadi agen perubahan dan penggerak suara pemilih muda di tanah air.

Agar proses demokrasi berjalan dengan baik dan dapat menghasilkan sosok wakil yang diharapkan pada Pemilu 14 Februari nanti, tentunya Masyarakat dalam hal ini sebagai penentu harus benar benar selektif memilih sebelum memberikan hak suaranya. Jangan sampai  mengesampingkan sisi rekam jejak pendidikan yang mumpuni, aspek intelegensia ataupun kemampuan manajerial dan kualitas kepemimpinan dari caleg perempuan dalam menyeleksi bakal calon yang di pilih.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, Kompetisi pemilihan anggota DPD sangatlah ketat dan berat. Terhitung caleg perempuan yang bisa mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum untuk mengikuti Pemilu 2024 hanya 139 orang atau 19,86 persen dari total 700 calon. Hal tersebutlah dinilai menjadi salah satu penyebab minimnya perempuan yang mendaftar sebagai bakal calon anggota DPD.

Baca Lainnya  Legislator PKS Erwandi A Rani Tampung Keluh Kesah Warga Paal Satu

Akibat dari aturan tersebut,
Terdapat tiga provinsi di Indonesia, yang tidak terwakilkan unsur perempuan pada pencalegan (calon legislatif) DPD RI di Pemilu 2024. Tiga provinsi itu adalah, Sulawesi Barat, Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri satu satunya yang lolos di pencalonan, yakni Dinda Rembulan.,B.A, Caleg Senator DPD RI, No urut 7 yang diketahui merupakan Putri kelima dari Datuk H.Emron Pangkapi yang merupakan seorang Tokoh Pejuang Pembentukan Prov. Kep. Bangka Belitung.

Mencermati hasil pemilihan legislatif sebelumnya, hanya sedikit calon perempuan terpilih sebagai anggota dewan di tingkat pusat. Hal tersebut terus diperjuangkan untuk mewujudkan keterwakilan perempuan dalam dunia politik pada pemilu 2024 ini.

Dilansir dari Antara news, Data Global Gender Gap Index 2022 yang dirilis World Economic Forum memposisikan Indonesia pada peringkat 92 dari 146 negara dengan nilai 0,697 dari satu.

Variabel pemberdayaan politik perempuan diberi nilai 0,169, paling rendah dari empat indikator yang diukur dalam Global Gender Gap Index.

Rendahnya keterwakilan perempuan di parlemen merupakan contoh paling nyata masih kurangnya pemberdayaan perempuan dalam politik.

Baca Lainnya  Siap Melenggang Ke DPRD Provinsi Babel Dengan Raihan Suara Terbanyak, Yuk Monic Ucapkan Rasa Syukur

Kampanye Pemerintah dukung keterwakilan perempuan

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengajak seluruh elemen untuk mendukung keterwakilan perempuan di parlemen dengan memilih caleg perempuan.

Dengan memanfaatkan sisa waktu yang ada, KemenPPPA melakukan kampanye digital untuk mendukung keterwakilan perempuan di parlemen.

Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum KemenPPPA Iip Ilham Firman menyebut kampanye ini bersifat imbauan untuk mendukung keterwakilan perempuan di parlemen, dengan harapan di detik-detik terakhir masa kampanye pemilu ini, pesan tersebut dapat tersampaikan dengan baik.

Satu satunya Kesempatan Prov. Kep. Bangka Belitung memiliki keterwakilan perempuan di Parlemen tingkat pusat.

Untuk mewujudkan Babel memiliki keterwakilan perempuan di parlemen, Masyarakat Babel harus ikut memilih caleg Perempuan dan hal tersebut sejalan dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui kampanye digitalnya, mengajak memilih Caleg Perempuan.

Sebagai satu satunya Caleg Perempuan ditingkat pusat, Dinda Rembulan.,B.A dengan No Urut 7, Caleg DPD RI, Dapil Bangka Belitung. Berkomitmen siap Menjadi wakil daerah yang profesional, responsif, dan berintegritas dalam mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

Lantas, seperti apa profil Dinda Rembulan Caleg DPD RI, Dapil Babel. Serta Visi Misi nya ?
Berikut ulasan selengkapnya:

Orang Tua :

  • Dinda Rembulan merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara, Serta Putri dari Datuk Haji Emron Pangkapi, yang merupakan seorang Tokoh Pejuang Pembentukan Prov Kep. Bangka Belitung. Dan Ibunya Djumsiatin, merupakan seorang ibu rumah tangga.
Baca Lainnya  Migor Langkah, Rio Setiady Tidak Yakin Ada Panik Buying di Tengah Masyarakat

Pendidikan :

  • SD Muhammadiyah Pangkalpinang (2001-2004)
  • SDN Jakasetia VII, Bekasi (2004-2007)
  • SMP pondok Pesantren Darunnajah Jaksel)2007-2010)
  • SMA Internasional Islamic High school, Jaksel (2010-2012
  • Diploma In communication Management, Kaplan Higher Education Academy, Singapore (2023-2014)
  • Magister Ilmu Politik, Universitas Indonesia, Depok (2022-sekarang)
  • Bachelor of Arta in Busainnes with International Management Northumbria University, Singapore (2015-2017)

Perjalanan Organisasi :

  • Wakil Ketua Bidang Olahraga Pelajar Indonesia @Kaplan (Pelikan) (2013-2014)
  • Anggota Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS) (2013-2017)
  • Koordinator Arus Muda Indonesia (AMI) Prov Babel (2022-Sekarang)
  • Wakil Ketua Bidang Pendidikan & Teknologi Perempuan Indonesia Maju (PIM) Prov. Babel (2023-Dekarang)

Sertifikasi

  • Kaplan Higher Education Academy. Professional Busainnes English Program (2012)
  • PT. Sriwijaya Air
    Commeroe Management Training Program (2017)
  • Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.
    Digital Talent Scholarship : Digital Marketing Program (2020)
  • Universitas Indonesia.
    National Seminar, Police Forces and Democracy; a. Comparative Assessment (2022)

Visi:

  • Menjadi wakil daerah yang profesional, responsif, dan berintegritas dalam mewujudkan Indonesia yang maju, adil, dan sejahtera.

Misi:

  • Menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara pemerintah pusat dan daerah
  • Mendorong dan mengawasi alokasi anggaran dan sumber daya yang adil dan efisien untuk daerah
  • Mengadvokasi dan mengawal kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan daerah
  • Menggali dan mengembangkan potensi-potensi daerah dalam bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
  • Membangun dan memperkuat jejaring dan kapasitas organisasi masyarakat sipil daerah.

Penulis : Pimpred Narasibabel.id

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *