Saturday, August 20, 2022
HomeDaerahBerdiri Sejak Tahun 1976, Ikatan Keluarga Musi Kota Pangkalpinang Gelar Rapat dan...

Berdiri Sejak Tahun 1976, Ikatan Keluarga Musi Kota Pangkalpinang Gelar Rapat dan Family Gathering

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Keluarga Besar Ikatan Keluarga Musi (IKKEMU) Kota Pangkalpinang Gelar Rapat Umum Anggota Luar Biasa dan Family Gathering.

Rapat Dihadiri oleh Pembina, Kuyong Marzuki, Penasehat, AKBP M.Yusup dan Samri serta seluruh Pengurus dan Anggota beserta keluarga besarnya masing-masing, Rapat di laksanakan dengan khidmat dan kekeluargaan, di Pondok Kebun Malim Jln Tanjung Bunga, Kec. Bukit Intan Kota Pangkalpinang, Minggu (31/7/2022)

Pembina IKKEMU kota Pangkalpinang, Kuyong Marzuki dalam kata sambutannya menceritakan sedikit sejarah terbentuknya organisasi IKKEMU di kota Pangkalpinang.

“1 Maret 1976 ku masuk kota Pangkalpinang sudah ada Ikatan Keluarga Musi, ketua nya waktu itu Bapak Hadi Sura, orang dusun Sukarami, beliau itu dulunya bekerja di pemerintahan kota,” ujarnya

Lanjutnya, “pada masa itu, Ikatan Keluarga Musi ini atau di singkat IKM kerjanya cuma Arisan, Arisan keluarga untuk kumpul kumpul bersilaturahmi satu sama lain sesama orang musi, kemudian berkembang dan berkembang ketuanya berganti ganti, hingga di tahun 90an ku pernah di tunjuk jadi ketua, ketua IKM pada waktu itu, begitu kira-kira,” tutur Kuyong Tarmizi.

Hingga berjalannya waktu, Kuyong Tarmizi menjelaskan barulah di bentuk kembali Ikatan Keluarga Musi di singkat IKKEMU, yang di kukuhkan langsung oleh Bupati Musi Banyuasin (Muba) di kota Pangkalpinang.

Baca Lainnya  Podcast Bersama KBO Babel, Radmida Dawam : Restu Sang Suami Adalah Berkah Bagi Istri

“Nah lalu kemudian kita bentuk lah sekarang ini, sejarah terbentuknya ini adalah pada tanggal 23 November 2019 datanglah bupati muba ke Pangkalpinang mau ngumpulkan orang-orang musi, pada saat itu kelabakan kami mau cari orang musi yang jumlahnya 500 orang paling sedikit, tapi pas di pertemuan itu jumlahnya justru melonjak, hampir seribuan yang hadir, yang Acara nya waktu itu di Swiss Bell Hotel tanggal 23 November 2019.

Baca Lainnya  Mahasiswa UBB KKN-T Di Kecamatan Riau Silip Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial

Nah Alhamdulillah dengan di picunya itu maka kami berjanji akan membentuk organisasi IKM ini, yang sekarang namanya IKKEMU, dalam proses untuk membuat akta notaris itu dari tahun 2019 dengan harapan 1 Januari 2020 sudah jadi ngak taunya ada covid, jadi rencana itu di undur.

tahun 2021 akhir tahun baru kami menghadap akta notaris untuk minta tolong buatkan itu, nah Alhamdulillah hari ini aktanya itu sudah ada, tinggal anggaran rumah tangga yang belum, nah anggaran rumah tangga itu hari ini mau di sahkan,” tuturnya

Untuk maksud dan tujuan IKKEMU ini di bentuk, Kuyong Tarmizi mengatakan untuk bisa saling mengenal satu sama lain dan saling tolong menolong di kemudian hari.

Baca Lainnya  Mahasiswa UBB KKN-T Di Kecamatan Riau Silip Lakukan Berbagai Kegiatan Sosial

“Nah perlu saya sampaikan maksud dan tujuan organisasi ini, selain yang tercantum di AD/ART tujuan pokoknya itu supaya kita saling mengenal.
Nah kita ini tidak perduli nak orang muba, seluruh aliran sungai musi mulai dari muaro rupit sampai sampai ke sungsang, yang daratan itu dulunya Banyuasin itu muba mangkanya  pangkalan balai itu kan masuk nah sampai pangkalan balai walaupun sudah menjadi kabupaten sendiri dia tetap masuk jadi dulunya orang musi.

Nah kemudian selain saling kenal, kemudian saling tolong menolong, maksud tolong menolong itu apa, contoh nya apabila ada yang kena musibah kita bisa bersama-sama untuk menolong menyelesaikan masalah bersama-sama,” jelasnya.

Baca Lainnya  Dapatkan Laporan Banjir, Walikota Sigap Datangi Lokasi Dengan Menggunakan Perahu

Ditempat yang sama, Ketua Umum IKKEMU Kota Pangkalpinang, Drs.Tarmizi, M.Pd dalam kata sambutannya menyampaikan rapat umum anggota luar biasa di gelar dengan agenda membahas Anggaran Rumah Tangga dan Program kerja tahunan.

“11 April 2022, kita Daftarkan di tanggal 11 mei 2022 IKKEMU kota Pangkalpinang sudah sah terdaftar di akta notaris SK Kemkumham, tinggal di daftarkan ke pemerintahan kota, nah untuk mendaftar di Kesbangpol kota Pangkalpinang maka hari ini ada dua syarat harus kita siapkan.

Baca Lainnya  Darusman : Keberadaan Serikat Pekerja Bukan Suatu Bentuk Perlawanan

yang pertama anggaran rumah tangga organisasi yang kedua adalah rencana kerja tahunan organisasi, kalo dua ini hari ini selesai mungkin selasa ini sudah bisa di daftar ke Kesbangpol, bahwa kita organisasi resmi dan minta disahkan oleh walikota Pangkalpinang.

nah dengan begitu muda mudahan manfaat untuk kita makin banyak manfaat, pertama di kenal di undang kalo ada rapat paguyuban, mungkin ada gotong royong di kota Pangkalpinang kita juga di undang, itu kesempatan bagi kita, kalo sudah resmi muda mudahan banyak manfaat, nah inilah dalam perjuangan kita selama ini, berkali-kali rapat Alhamdulillah hari ini selesai,” jelasnya

Kuyong Tarmizi, sapaan kakak dalam bahasa Sekayu Muba, dengan adanya pertemuan hari ini membuat dirinya senang dan bahagia bisa saling mengenal satu sama lain.

“Jadi ku secara pribadi dengan adanya pertemuan ini tambah senang dan bahagia, bahwa kita ini memang ada dan mau saling kenal, mau saling memperkenalkan diri dan juga tidak segan menyumbang pikiran menyumbang tenaga, yang ada uang nyumbang uang, yang ngak ada uang tidak masalah tapi pikiran tenaga waktu mau di luangkan untuk kebersamaan, itu yang paling di inginkan,”tutupnya. (Mr.FR)

Baca Lainnya  Ikatan Keluarga Musi (IKM) Kota Pangkalpinang Gelar Pertemuan Anggota dan Pengurus
Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments