Isu Sirup Parasetamol Picu Gagal Ginjal, Rio : Dinkes Harus Gerak Cepat

PANGKALPINANG, Narasibabel.id — Masyarakat Indonesia dihebohkan dengan penggunaan sirup paracetamol yang diduga dapat menyebabkan gangguan gagal ginjal pada anak.

Read More

Hal itu berawal dari ditemukannya kematian anak di Gambia yang diduga terkena gagal ginjal akut dengan mengkonsumsi paracetamol sirup.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady mengungkapkan, beberapa hari ini pihaknya mendapatkan masukan dan pertanyaan dari masyarakat terkait dengan adanya imbauan, yang melarang penggunaan parasetamol kepada anak-anak, dikarenakan dapat memicu datangnya penyakit ginjal.

“Isu ini sudah berjalan beberapa hari dan memang banyak sekali berita yang menyampaikan hal tersebut, apalagi ketika sudah memasuki sosial media tentu banyak sumber yang entah diketahui secara benar atau tidak,”ucapnya saat ditemui, Senin, (24/10/2022).

Baca Lainnya  Bahas Raperda PDRB, Ranto Sendhu Pimpin Rapat Kerja di Universitas Padjadjaran

Menurut Rio, Dinas Kesehatan dan BPOM kota maupun provinsi segera mencari informasi yang akurat serta dapat dipercaya, untuk menyampaikannya kepada masyarakat luas, dikarenakan informasi yang sampai ke masyarakat kita sangat cepat tanpa diketahui validasinya.

“Kita berpikir masyarakat harus diberikan info yang valid dan benar, sehingga ketika mereka memutuskan untuk menggunakan atau tidak menggunakan paracetamol, justru tidak memunculkan sesuatu yang membahayakan kesehatan, dan saya kira lembaga yang pas menyampaikan hal tersebut adalah dinas kesehatan di setiap daerah,”ujarnya. (Red)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *