Memperingati HAD Ke-32, BWS Babel Gelar Kegiatan Penanaman Pohon dengan Tema Water for Peace

Pangkalpinang, Narasibabel.id — Balai Wilayah Sungai (BWS) Bangka Belitung (Babel) Menyelenggarakan kegiatan Penanaman Pohon, Dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) Ke-32 Tahun, di Kolong PDAM Pedindang, Kel. Parit Lalang, Kec. Rangkui Kota Pangkalpinang.

Read More

Mengusung Tema “Air untuk Perdamaian” (Water for Peace) kegiatan peringatan HAD Ke-32 Tahun yang di selenggarakan oleh BWS Babel di hadiri oleh Plt Direktur PDAM Tirta Pinang, Dr Mgs Hakim, Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa, Perwakilan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Babel, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Babel, Balai Pelaksanaan Pemilihan Jasa Kontruksi, Paguyuban Ibu BWS Babel dan Komunikasi Peduli Sungai (KOPS) Kota Pangkalpinang.

Kepala BWS Babel, Ir. Susi Hariany,.M.T dalam kata sambutannya mengatakan tema pada peringatan HAD tahun ini merupakan kompleksitas isu air global.

Baca Lainnya  Kunjungan Kerja, Menko PMK Muhadjir Effendy Tiba di Pangkalpinang

” Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun ini memilih tema “Air untuk Perdamaian” dalam rangka Hari Air Sedunia pada 22 Maret 2024. Fokus utama tema ini adalah kompleksitas isu air global yang dapat menciptakan perdamaian atau konflik,” ungkapnya.

Lanjutnya, “Kesehatan masyarakat, sistem pangan, energi, ekonomi, dan integritas lingkungan semua terkait erat dengan manajemen air yang adil dan efisien. Tema “Air untuk Perdamaian” diharapkan mendorong kolaborasi internasional guna menciptakan dampak positif, memperkuat harmoni, meningkatkan kemakmuran, serta membangun ketahanan terhadap tantangan bersama.

Selain itu, Susi menjelaskan HAD ke-32 ini merupakan bagian dari rangkaian road to 10th World Water Forum 2024.

” Peringatan Hari Air Dunia Ke-32 tahun 2024 ini menjadi bagian dari Rangkaian Road to 10th World Water Forum 2024, menandakan komitmen kita untuk terlibat dalam pembahasan dan tindakan nyata dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Saya juga ingin menyampaikan bahwa peringatan Hari Air Dunia kali ini tidak hanya melibatkan pertemuan – pertemuan besar, tetapi juga meliputi serangkaian Aksi Daerah.

Baca Lainnya  Presentasi Dihadapan Tim Evaluasi Ditjen SDA, KOPS Pangkalpinang Sampaikan Pencemaran Sungai Akibat Maraknya TI Ilegal

Seperti Seminar dengan tema “Water for Peace” yang akan diadakan serentak pada Jum’at, 22 Maret 2024, bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, serta kegiatan “SDA Goes to School” yang bertujuan untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya air untuk perdamaian, yang akan dilaksanakan pada tanggal 07 Maret 2024,” tuturnya.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia Acara, Rudy Susilo S.T.,M.Si mengatakan, “Pada hari ini, kita berkumpul di Kolong PDAM Pedindang, untuk melaksanakan aksi daerah Penanaman Pohon.

Termasuk dihari ini kita sudah menanam total 500 pohon yang ditanam di berbagai lokasi strategis, termasuk diKolong PDAM Pedindang, Check Dam, PPN Sungailiat, Kolong PDAM Nibung, dan Kolong Retensi Kacang Pedang,” imbuhnya.

Rudy menjelaskan ada berbagai jenis tanaman yang sudah di tanam oleh BWS Babel.

” Dengan berbagai jenis pohon yang kita tanam, mencakup pohon buah seperti alpukat, nangka, mangga, sukun, dan jambu. Selain itu, tanaman pohon Ketapang Kencana, Pohon Tabu Buya, dan Pohon Pucuk Merah turut ditanam sebagai simbol keberagaman dan keindahan,” jelasnya.

Baca Lainnya  Diserahkan Langsung Oleh Menkopolkam Mahfud MD, Molen Terima Penghargaan Upakarti Artheswara Tinarbuka 2023

Untuk latar belakang dari aksi penanaman pohon ini sendiri, Rudy mengungkapkan merupakan salah satu upaya konservasi sumber daya air untuk keberlangsungan air di masa depan.

” Latar belakang dari kegiatan Aksi Daerah Penanaman Pohon menjadi salah satu upaya dalam rangka konservasi Sumber Daya Air demi keberlangsungan air di masa depan.

Dan juga sebagai salah satu kegiatan memperingati HAD ke-32 tahun 2024 dan road to event serta mempromosikan kegiatan kegiatan 10th World Water Forum 2024 pada tanggal 18-25 Mei2024 di Bali,” ujarnya.

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, kita harapkan dapat mewujudkan kesadaran bersama akan pentingnya menjaga sumber daya air dan lingkungan hidup, menciptakan perdamaian melalui kolaborasi internasional, dan memberikan dampak positif bagi kehidupan dan kesejahteraan bersama. Semoga langkah-langkah kita hari ini akan menjadi tonggak awal dalam menjaga kelestarian air untuk generasi-generasi mendatang,” harapnya. (Mr.FR)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *