Puluhan Peserta Ikuti Bimtek dan Sertifikasi Tenaga Bidang Kesenian Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang gelar acara Bimtek dan Sertifikasi Tenaga Bidang Kesenian Kota Pangkalpinang, di Hotel Cordela, Senin (27/05/2024).

Restu Gunawan selaku Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbudristek Republik Indonesia sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Pangkalpinang agar para seniman mendapatkan sertifikasi bidang kesenian.

Read More

Ia sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini sebagai bukti nyata sinergisitas antara Pemkot melalui Dindikbud kota Pangkalpinang terhadap para seniman.

Dan juga kepedulian Pemkot Pangkalpinang untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia dan serius dalam memperdayakan para seniman.

Baca Lainnya  Agenda Safari Ramadan, Pemkot Pangkalpinang Berikan Bantuan Dana Hibah ke Masjid Al-Hasanah

Alhamdulillah Pemkot Pangkalpinang sangat berkolaborasi dengan seniman disini untuk sertifikasi bidang musik.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa ditularkan ke kota-kota yang lain bahwa potensi dibidang musik juga banyak dan musik juga masuk pada bidang kebudayaan,” ucapnya.

Ia juga sangat bangga dimana jumlah pesertanya mencapai 50 orang dan ini sangat banyak sekali, artinya ini potensi yang cukup bagus dan kolaborasi akan bisa terus berjalan.

“Kedepan ia berharap sertifikasi ini bisa juga merambah ke macam-macam potensi lainnya, tidak hanya musik tapi kedepan bisa juga tari, museum, dan macam-macam lainnya karena spesifikasi kita juga bermacam-macam,” ungkapnya.

Kemudian sertifikasi bidang kesenian ini bukan hanya program Nasional, namun juga Internasional karena orang yang kompeten itu akan ditandai dengan kompetensi.

Kompetensi itu dijelaskannya bahwa pada dasarnya ya sertifikasi ini, untuk itu seharusnya sertifikasi menjadi gerakan bersama untuk meningkatkan potensi kita.

Baca Lainnya  Serahkan Santunan JKK Dan JKM Untuk Para Guru Ngaji, Molen : Ini Semangat Bagi Guru Ngaji

Selain itu juga untuk memajukan ekosistem pemajuan kebudayaan sehingga harus dilakukan bersama-sama agar rasa kepemilikan itu ada.

Dan disamping itu pemerintah merasa memiliki, seniman juga merasa memiliki, pemerintah pusat juga memiliki sehingga gerakan kita bersama-sama saling gotong royong.

“Silakan ikuti bimtek ini dengan baik dan sesuai dengan prosedurnya, sehingga semua seniman yang luar biasa ini semuanya kompeten,” ujarnya.

Sementara itu, Ratna Purnamasari atau yang biasa disapa Bunda Tudung Saji (BTS) selaku Kabid Kebudayaan Kota Pangkalpinang  menjelaskan bahwa latar belakang kegiatan ini yaitu bagaimana Penkot Pangkalpinang memberikan penghargaan kepada seniman.

Dimana awalnya hasil dari pemikiran tentang musik tradisi yang melebar ke musik modern yang memang ada keterkaitan dan bagaimana kita mendongkrak juga capaian dari pemajuan ekonomi kreatifnya.

Baca Lainnya  Pj Walikota Lusje Pimpin Rakor Tim Percepatan Penurunan Stunting Pangkalpinang

Kemudian kami membantu Pemerintah Daerah untuk menyediakan tenaga ahli bidang seni tradisi dan dimanfaatkan juga oleh Pemkot dalam rangka melaksanakan kegiatan daerah.

“Kegiatan daerah tersebut adalah untuk membangun kebudayaan dari sekolah yaitu Dambus Masuk Sekolah,” ucap BTS.

Ia sangat bersyukur sekali seperti mendapat anugrah yang luar biasa pihaknya dibantu oleh Dirjen Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan (PTLK) untuk bisa menggelar kegiatan ini.

Dikatakannya bahwa untuk pesertanya sendiri sebanyak 30 orang seniman modern dan 20 orang seniman tradisional.

Kami sangat berterimakasih sekali atas bantuan Dirjen PTLK karena sudah membantu kami dalam menggelar kegiatan ini.

“Semoga semua peserta yang mengikuti Bimtek dan Sertifikasi Bidang Kesenian hari ini dapat lulus dan mendapatkan sertifikasi tersebut,” ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *